Mengontrol Kemarahan Guru Dalam Manajemen Kelas

Fauziah Fauziah, Herman Nirwana, Mudjiran Mudjiran

Abstract


Tujuan kajian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah mengontrol kemarahan guru dalam manajemen kelas. Metode penelitian ini berbasis literatur atau studi pustaka. Hasil pembahasan adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan guru untuk menyalurkan kemarahannya sehingga kemarahan itu bisa dikontrol dan menjadi konstruktif. Langkah-langkah ini bisa dipraktekkan oleh guru di depan siswa agar siswa juga punya role model saat mengontrol kemarahannya,  dimulai dengan guru mengenali pesan-pesan tubuhnya, lalu menata dirinya sendiri setelah itu menyampaikan kemarahan dalam kalimat yang sopan, tegas dan tepat sasaran. Guru yang muslim, juga bisa menambahkan dengan menggunakan metode ajaran Islam dalam mengontrol kemarahan. Hasilnya adalah guru mampu mengendalikan diri saat marah dalam mengelola kelas dan siswa memahami bahwa gurunya adalah manusia biasa, yang juga memiliki emosi marah serta memahami apa yang menyebabkan gurunya marah dalam proses pembelajaran

Keywords


mengontrol kemarahan; mengelola kelas

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsuddin Makmun. 2012. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Agung Pramujiono & Nunung Nurjati. 2017. Guru Sebagai Model Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Instruksional di Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan: Jurnal Indonesia Untuk Kajian Pendidikan, 2(2) September 2017. ISSN 2527-3868 (Print), 2503-457x (Online), And Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Mimbardik.

Aikaterini Vairamidou & Pela Stravakou. 2019. Classroom Management in Primary and Secondary Education Literature Review. Journal of Education and Human Development June 2019, Vol. 8, No. 2, pp. 49-59 ISSN: 2334-296X (Print), 2334-2978 (Online) Copyright ©The Author(s). All Rights Reserved. Published by American Research Institute for Policy Development DOI: 10.15640/jehd.v8n2a7 URL: https://doi.org/10.15640/jehd.v8n2a7.

Amir Mohammad Shahsavarani, Sima Noohi, Habibeh Heyrati, Mostafa Mohammadi, Alireza Mohammadi. 2016. Anger Management and Control in Social and Behavioral Sciences: A Systematic Review of Literature on Biopyschosocial Model. Kolsoum Sattari International Journal of Medical Reviews, Volume 3, Issue 1, Winter 2016; 355-364.

Chanakya P. Rijal. 2014. Classroom Management in Schools Journal of NELTA Surkhet Vol. 4 December, 2014.

Evajustika Gultom, Saunir Saun. 2016. The Role Of Classroom Management In Creating An Effective English Learning. Journal of English Language Teaching Volume 5 No. 1 Serie A. September. 2016. Journal of English Language Teaching ISSN 2302-3198 available at http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt.

Fauziah, Prayitno, Yeni Karneli. 2020. Meningkatkan Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Behavioral. Al Irsyad. Jurnal Pendidikan dan Konseling. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad ISSN 2686-2859 (online) ISSN 2088-8341 (cetak) Vol. 10, No. 1, Januari-Juni 2020.

Frita Devi Asriyanti, Indah Sri Purwati. 2020. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Volume 29, No. 1, 2020, hlm. 79 - 87. Tersedia Online di http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/ ISSN 0854-8285 (cetak); ISSN 2581-1983 (online).

Gerda Hagenauer & Tina Hascher & Simone E. Volet 2015. Teacher emotions in the classroom: associations with students’ engagement, classroom discipline and the interpersonal teacher-student relationship. Eur J Psychol Educ DOI 10.1007/s10212-015-0250-0. https://www.researchgate.net/publication/276859758.

Goleman, Daniel. 2020. Emotional Intelligence (alih bahasa T.Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hurlock, Elizabeth. B. 1978. Perkembangan Anak (alih bahasa: Med Meitasari Tjandrasa dan Muslichah Zarkasih). Jakarta: Erlangga.

Jane Bluestein. 2013. Manajemen Kelas (penerjemah: Siti Mahyuni). Jakarta: PT.Indeks.

Katharina Sieberer-Nagler. 2016. Effective Classroom-Management & Positive Teaching. English Language Teaching; Vol. 9, No. 1; 2016 ISSN 1916-4742 E-ISSN 1916-4750 Published by Canadian Center of Science and Education Online Published: December 14, 2015 doi:10.5539/elt.v9n1p163 URL: http://dx.doi.org/10.5539/elt.v9n1p163.

Mestika Zed. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Milya Sari, Asmendri. 2020. Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 2020, (41-53) ISSN: 2715-470X(Online), 2477 – 6181(Cetak).

Moreno, Roxana. Copyright © 2010. Educational Psychology. John Wiley & Sons, Inc. 111 River Street, Hoboken, NJ 07030-5774, (201)748-6011, fax (201)748-6008.

Nyanyu Khidijah. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

R. Poppy Yaniawati. 2020. Penelitian Studi Kepustakaan (Library Research), disajikan pada acara “Penyamaan Persepsi Penelitian Studi Kepustakaan” di Lingkungan Dosen FKIP Unpas, 14 April 2020.

Reka Rahayu, Ratnawati Susanto. 2018. Pengaruh Kepemimpinan Guru dan Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Volume 4, Nomor 2, Oktober 2018. Hal: 220-229

Ritu Chandra. 2015. Classroom Management for Effective Teaching. International Journal of Education and Psychological Research (IJEPR) Volume 4, Issue 4, December 2015. https://www.researchgate.net/publication/313889949.

Sardiman AM. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tohirin. 2011. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Zia Ahmad Qamar, Muhammad Arshad, Gulzar Ahmad, Saeed Ahmad. 2018. Influence of Classroom Management Strategies on Students Learning. American Based Research Journal Vol-7-Issue-12 Dec-2018 ISSN (2304-7151) Electronic copy available at: https://ssrn.com/abstract=3581703.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v5i1.5901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Biblio Couns Stats