Optimalisasi Perilaku Asertif Melalui Media Modul Bimbingan dan Konseling
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdal, A. (2015). Kolaboratif : Kerangka Kerja Konselor Masa Depan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3, 17. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/12400
Alberti, R., & Emmons, M. (2017). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationships. New Harbinger Publications.
Ali, M., & Asrori, M. (2011). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Asmika, Harijanto, & Handayani, N. (2013). Prevalensi depresi dan gambaran stressor psikolososial pada remaja sekolah menengah umum di wilayah Kotamadya Malang [The prevalence of depression and description of phsycosocial stressor in adolescent of senior high schools in Malang District]. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 24(1), 1521.
Chairani, D. (2016). Chairani, D. (2017). Penggunaan Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa SMAN 5 Banda Aceh. ETD Unsyiah.
Daryanto, S. (2013). Menyusun Modul, Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Gava Media.
Erbay, E., & Akay, S. (2013). Assertiveness Skill Of Social Work Students : A Case Of Turkey. 4(2), 316323.
Gundogdu, R. (2012). Effect of the Creative Drama-Based Assertiveness Program on the Assertiveness Skill of Psychological Counsellor Candidates. Educational Sciences: Theory and Practice, 12(2), 687693.
Hartland, N. R. (2017). METODE WHO AM I UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF PADA SISWA. In Disertasi tidak dipublikasikan. University of Muhammadiyah Malang.
Indaryanti, Hartono, Y., & Aisyah, N. (2008). Pengembangan Modul Pembelajaran Individual Dalam Mata ,Pelajaran Matematika Di Kelas XI SMA NEGERI 1 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 3544.
Kurniati, N. (2019). Metode Bermain Peran Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Universitas Muhammadiyah Malang.
Mar, A., Hasanah, A., & Saraswati, S. (2014). Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application. 3(4), 3946.
Marini, L., & Andriani, E. (2005). Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Psikologi Universitas Sumatera Utara, I(2), 4653.
Nasri, & Koentjoro. (2015). Pelatihan Asertivitas Normatif terhadap Perilaku Seksual Pranikah pada Wanita. Jurnal Imiah Psikologi Terapan, 03(01).
Netrawati. (2016). Konseling Analisis Transaksional untuk Mengurangi Perilaku Agresi (Agressive Behavior) Remaja (Studi pada SMK Kota Padang). Disertasi tidak dipublikasikan. Bandung.
Novianty, I., Oktavia, S., & Neena, Z. (2013). Efektivitas Penerapan Modul Materi Analisis Elektrokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Persepsi Siswa Kelas Xi Semester 1 Kompetensi Keahlian Kimia Analisis Smkn 7 Malang. Jurnal-Online. Um. Ac. Id.
Nursalim, M. (2015). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Indeks.
Ojde, S. K., Suarni, W. O., & Rudin, A. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa SMP Negeri 2 Kendari. Urnal Ilmiah Bening (Belajar Bimbingan Dan Konseling), 3.
Pitriya, N., & Heri, S. (2012). PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF TIPE TGT DILENGKAPI MODUL DAN LKS DITINJAU DARI AKTIVITAS SISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(1), 5158.
Safaat, Y. D. P. (2013). Remaja Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 1 Kaliori Kabupaten Rembang Tahun.
Santrock, J. . (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja (alih bahasa Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih). Erlangga.
Santyasa, I. . (2009). Metode Penelitian dan Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, Dan SMK Di Kecamatan Nusa Peninda Kabupaten Klungkung.
Sedyawati, S. (2020). Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. 2, 4349. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jwuny.v2i2.34684
Sjarkawi. (2008). Pembentukan Kepribadian Moral Anak, Intelektual, Emosional,Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Bumu Aksara.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2017). Metode Pengajaran. Sinar Baru Algensindo Offset.
Sumarno, A. (2011). Keuntungan dan Kelemahan Pembelajaran Modul. http://elearning.unesa.ac.id
Syukrimansyah, S., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Pengembangan Modul Pratikum Berbasis Pendekatan PACE ( Planing , Activities , Class discussion , Exercise ) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar siswa pada Materi Listrik Dinamis kelas IX di SMP Negeri 10 Takengon Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(2), 13171323.
Wijayanti, R. R. (2019). Efektivitas Untuk Perilaku Asertif Pada Siswa Smp N 4 Ngaglik Meningkatkan The Effectiveness Of Sociodrama Technique To Improve Assertive. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(5), 314326.
Yandri, H., Daharnis, D., & Nirwana, H. (2013). Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di Sekolah. Konselor, 2(1), 98106. https://doi.org/10.24036/0201321866-0-00
DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v4i1.5902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id