Pengaruh Model Pembelajaran ARCS Terhadap Hasil Belajar Daring Mahasiswa

Nur Sakinah, Pipit Putri Hariani MD, Dian Novianti Sitompul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar, apakah berpengaruh baik atau buruk. Penelitian dilakukan pada masa pandemic covid – 19 yang mengharuskan perkuliahan dilakukan secara daring melalui tatap maya. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 (dua) program studi pendidikan akuntansi UMSU yang berjumlah 17 orang dan keseluruhannya dijadikan sampel. Matakuliah yang dijadikan objek penelitian adalah matakuliah akuntansi perusahaan dagang pada bahasan jurnal khusus. Hasil yang didapat dalam penetlitian ini, diperoleh kenaikan nilai hasil belajar pada angka 90% diantaranya berada pada nilai baik dan nilai sangat baik. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa pembelajaran daring dengan segala keterbatasannya juga mampu memaksimalkan kemampuan mahasiswa ditinjau dari hasil belajarnya, dengan catatan menggunakan model yang  tepat untuk situasi dan materi yang sesuai.

Keywords


ARCS; Hasil Belajar; Daring

Full Text:

PDF

References


Bangunan, T., Teknik, J. P., Kampus, U. N. S., Pabelan, U. N. S., Yani, A., Bangunan, T., Teknik, J. P., Kampus, U. N. S., Pabelan, U. N. S., Yani, A., Penelitian, A., Yang, R. P., Ekuivalen, T., Non, T., Design, E. P., Tanah, M., Studi, P., & Teknik, P. (2013). PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANAH AFEKTIF MELALUI PEMBELAJARAN MODEL MOTIVASIONAL Aryanti Nurhidayati. JIPTEK, VI(2), 112–116. file:///C:/Users/HP/Downloads/12614-24268-1-PB (5).pdf

Effendi, M. S. (n.d.). Pengertian penelitian eksperimental.pdf. https://ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/JPP/article/view/363

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 41–49. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i2.4656

Makanan, P. (2018). Pengaruh Model ARCS ( Attention , Relevance , Confidence , Satisfaction ) dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem. 7(2), 226–236. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe/article/view/24287/11472

Prabowo, A. E., & Riau, U. I. (n.d.). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar akuntansi keuangan menengah. 1–8. http://journal.um.ac.id/index.php/jabe/article/view/6045

Safarati, N., & Indonesia, D. (2021). DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI. XII(1), 113–118. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/561

Sukarno, S., & Salamah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction.) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 75 Kota Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 137. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1867

Widi Winarni, E. (2018). Model Penelitian kuantitatif dan kualitatif. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Fx0mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA152&dq=teori+subjek+penelitian+kuantitatif&ots=XRh-cxX-1O&sig=wx9U9IuHcXMnrye4E7_xOX0btpw&redir_esc=y#v=onepage&q=teori subjek penelitian kuantitatif&f=false

Winaya, I. M. A., Lasmawan, W., & Dantes, N. (2013). Dari Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di Kelas Iv Sd Chis Denpasar. 3. https://media.neliti.com/media/publications/119411-ID-pengaruh-model-arcs-terhadap-hasil-belaj.pdf

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v5i1.7232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Biblio Couns Stats