Upaya Meningkatkan Self Confidence Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa

Siswantoro Siswantoro, Titik Hariati

Abstract


peneltian ini diltarbelakangi dari hasil observasi perilaku siswa kelas VII E SMP 252 Jakarta pada saat pelaksanaan layanan klasikal bimbingan dan konseling berperilaku malu malu, siswa diminta untuk memimpin doa, saling tolak menolak, diminta untuk tampil di depan kelas, siswa banyak alasan bahkan langsung menolak untuk tampil di depan kelas. Apabila perilaku itu itu dipertahankan siswa, maka akan menghambat perkembangan siswa dalam mengaktualisasikan diri dengan lingkungannya. oleh karena itu salah satu perilaku yang harus dikembangkan pada siswa adalah kepercayaan diri.  kepercayaan diri merupakan faktor yang sangat pentig bagi siswa, karena sikap percaya diri akan membuat individu  merasa optimis dan mampu untuk melakukan penyesuaian degan lingkungan social. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan self confidence melalui layanan bimbingan kelompok padasiswa kelas VII ESMP Negeri 252 Jakarta Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah ialah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yang menjadi variabel bebas (x) dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok sedangkan variabel terikatnya (y) adalah self confidence siswa. Penelitian tindakan ini mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.  penelitian ini dilaksanakan dalam janga watu satu bulan. Hasi penelitian menunjukkan terdapat peningkatan self  confidence siswa yang mengikuti layanan kelompok darisiklus pertama pada kategori kurang baik dengan tingkat 65%  menjadi kategori sanga baik pada siklus ke dua dengan tingkat  85%. Maka dari pelaksanaan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan yang dilakukan berhasil. Disarankan bagi guru BK untuk menggunakan layanan kelompok untuk mengembankan perilaku siswa kea rah yang lebh baik.


Keywords


Siswa; Self Confidence; Layanan Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Angelia, Y. (2021). Peranan Guru, Orang Tua Dalam Mencegah Bullying Dan Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Gunung Agung Tengah Kota Pagar Alam (Doctoral Dissertation, Iain Bengkulu).

Decky, K. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Smkn 1 Kalianget (Doctoral Dissertation, Stkip Pgri Sumenep).

Tri, H. (2015). Membangun Rasa Percaya Diri Anak Tunagrahita Di Slb Negeri Jenangan Ponorogo Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral Dissertation, Stain Ponorogo).

Idawati, A. R. (2014). Komunikasi Interpersonal Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Siswa Dalam Menciptakan Rasa Percaya Diri Dan Kemandirian Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Di Yayasan Pembinaan Anak Ca.

Kiswantoro, A. (2015). Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Life Model Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Atlet Persinas Asad Kabupaten Kudus Tahun 2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2).

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(1), 100-111.

Susilowati, S. (2008). Upaya Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Penyandang Cacat Tuna Netra: Analisis Psikologis Di Panti Distrarastra Pemalang (Doctoral Dissertation, Iain Walisongo).

Suhardita, K. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Edisi Khusus, 1, 127-138.

Sutrisno, S. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Media Video-Klip. Inopendas: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1).

Setiawan, D. F. (2020). Upaya Guru Pai Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Tunanetra Di Ma Muhammadiyah 1 Ponorogo (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).

Mawarni, R. (2017). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Rasa Percaya Diri Pada Siswa Smp Negeri 3 Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Ilmu Pendidikan).

Meriska, S. L. (2019). Kecemasan Komunikasi Interpersonal Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fbibliocouns.v5i1.9261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Biblio Couns Stats