Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Masa Pandemi Covid 19

Restauli Betesda Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada atau tidak pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan iklim kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Pancur Batu Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian korelasional (Correlational Research) dengan karakteristik masalah berupa hubungan korelasional antara dua variable atau lebih. Populasi penelitian Guru SMA Negeri 1 Pancur Batu yang berjumlah 90 orang dengan sampel 72 orang. Instrumen penelitian adalah (1) angket Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah; (2) Angket Iklim Kerja; dan (3); angket Kinerja Guru. Data dianalisis secara deskriptif dan Statistik uji-f dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh signifikan variabel kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Pancur Batu dengan besaran 0,924. Ini berarti bahwa menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kinerja guru. (2) Terdapat pengaruh signifikan variabel iklim kerja terhadap kinerja guru di SMA Negeri 1 Pancurbatu dengan besaran 0,898. Ini berarti bahwa menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat antara iklim kerja dengan kinerja guru. (3) Terdapat pengaruh signifikan variabel kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim kerja, terhadap kinerja guru guru di SMA Negeri 1 Pancur Batu dengan 0,628. Ini berarti bahwa menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat antara kemampuan manajerial dan iklim kerja dengan kinerja guru.

Keywords


Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah; Iklim Kerja; Kinerja Guru; Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Anas Sudjono, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grapindo Persada, 2004

Alawi, A, 2018, Kinerja Guru Dan Hubungannya Dengan Kualitas Hasil Belajar Siswa Madrasah Aliyah , Journal of Islamic Educatioan: 177 - 202

Burhanudin. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 1990

Damayanti, D, 2017, Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah Dan Mutu Sekolah Dasar, Jurnal Administrasi Pendidikan, 18(1) : 154 -162

Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Balai Pustaka 2003

Depdiknas, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Jakarta: Balai Pustaka

Depdiknas, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Balai Pustaka,2008

E. Mulyasa, Standar kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2009

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional, dalam konteks Mensukseskan MBS dan KBK, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005

Fiser. (2010). Motivasi dan Iklim Lingkungan Kerja Sekolah.

Hamsah, Syamsuddaha, Rahman . U. 2019. Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Di Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulu Kumba, Jurnal Idaarah, 3(2) : 237 244

Hasibuan Malayu S. P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. 2005

Hadari Nawawi. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. 2006

Imam Musbikin, Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat, Pekanbaru: Zanafa Publishing 2013

LPPKSPS Kemdikbud, Panduan Kerja Kepala Sekolah Di Masa Pandemi Covid-19,Jakarta, 2020

Loukas, Alexandra. 2007,What is School climate ?, Leadership Compass, 1(5):1-3

Moch. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011,cet.25

Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Moh. Pabundu Tika. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2006.

Muhaimin. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta. 2001

Martinis Yamin. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta. 2008

Nana Sudjana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Algensindo Offset, 2010

Permendiknas No 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.

Robbin dan Coulter, Manajemen (edisi kedelapan), Jakarta:PT Indeks,2007

Siagian. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.2002

Sitompul, Harun, M. Ardansyah, 2017, Statistik Pendidikan Teori Dan Perhitungan, Perdana Publishing, Medan

Sondang P Siagian, Filsafah Administrasi,Jakarta:CV Mas Agung, 1990

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010

Salindeho,C, L, 2016, Analisis Pengaruh Iklim Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Komitmen Karir Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 4(3) : 303-318

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009

Sri Sumarni, Metode Penelitian Pendidikan, Yogyakarta: Insan Madani, 2012

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Ilmiah, Bandung: Rosdakarya, 2000

Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Langkah Pencegahan Covid-19 Pada Satuan Pendidikan, 2020

Surat Edaran Mendikbud Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Covid-19, 2020

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta, 2002




DOI: https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v5i1.9887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jbcons@umsu.ac.id