KARAKTERISTIK PENDERITA HIPERTENSI DENGAN GAGAL GINJAL KRONIK DI INSTALASI PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM HAJI MEDAN TAHUN 2015

Felicia Angga Rizki, Meizly Andina

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang: Hipertensi adalah tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih dari persentil 95 menurut jenis kelamin, usia, dan tinggi badan. Gagal Ginjal Kronik (GGK) adalah suatu proses patogenesis dengan etiologi yang beragam, mengakibatkan penurunan fungsi ginjal yang progresif, dan pada umumnya berakhir dengan gagal ginjal. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penderita hipertensi dengan gagal ginjal kronik di instalasi penyakit dalam RSU Haji Medan tahun 2015. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh penderita hipertensi dengan gagal ginjal kronik di instalasi penyakit dalam RSU Haji Medan tahun 2015. Hasil: Hasil penelitian yang didapat untuk jenis kelamin penderita terbanyak adalah laki-laki sebanyak 36 orang (51.4%), kelompok usia penderita terbanyak adalah 56-65 tahun sebanyak 29 orang (41.4%), dan distribusi pekerjaan penderita terbanyak adalah ibu rumah tangga sebanyak 28 orang (40.0%). Kesimpulan: Kebanyakan penderita hipertensi dengan gagal ginjal kronik di instalasi penyakit dalam RSU Haji Medan tahun 2015 berjenis kelamin laki-laki, dengan kelompok usia 56-65 tahun, dan pekerjaan ibu rumah tangga.

 Kata Kunci: Karakteristik, Hipertensi dengan Gagal Ginjal Kronik

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Maricar N. Peran polimorfisme M235T gen angiotensinogen, I/D gen angiotensin converting enzyme, dan A1166C gen reseptor angiotensin II tipe-1 pada kejadian stroke iskemik akut subjek hipertensi [disertasi]. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin; 2014.

Hikayati, Flora R, Purwanto S. Penatalaksanaan non farmakologis terapi komplementer sebagai upaya untuk mengatasi dan mencegah komplikasi pada penderita hipertensi primer di kelurahan Indralaya Mulya kabupaten Ogan Ilir. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran: Universitas Sriwijaya. 2011: 124-125.

Pranandari R, Supadmi W. Faktor risiko gagal ginjal kronik di unit hemodialisis RSUD Wates Kulon Progo (risk factors cronic renal failure on hemodialysis unit in RSUD Wates Kulon Progo). Majalah Farmaseutik, Fakultas Farmasi: Universitas Ahmad Dahlan. 2015; vol. 11 no. 2: 316-318.

Sulistyaningsih RD. Efektivitas training efikasi diri pada pasien penyakit ginjal kronik dalam meningkatkan kepatuhan terhadap intake cairan. Majalah Ilmiah Sultan Agung: Universitas Sultan Agung. 2012: 1-2.

Febriyanto R. Identifikasi faktor dominan penyebab gagal ginjal kronik di ruang hemodialisa RSUD Dr Hardjono Ponorogo. Fakultas Ilmu Kesehatan: Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 2014: 1-2.

Salwa A. Evaluasi penggunaan obat antihipertensi pada pasien hipertensi dengan gagal ginjal di instalasi rawat inap RS “X” tahun 2010. Fakultas Farmasi: Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2013: 2-3.

Putri DRA. Karakteristik penderita gagal ginjal kronik yang di hemodialisis di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan pada bulan Januari 2011 – April 2015. Fakultas Kedokteran: Universitas Sumatera Utara Medan. 2015: 1-2.

Lumoindong A, Umboh A, Masloman N. Hubungan obesitas dengan profil tekanan darah pada anak usia 10-12 tahun di kota Manado. Jurnal e-Biomedik (eBM). Maret 2013; vol. 1 no. 1: 147-153.

Nurhidayati L. Hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien gagal ginjal kronis yang menjalani terapi hemodialisa di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Program Studi Ilmu Keperawatan: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ‘Aisyiyah Yogyakarta. 2014: 6-12.

Aziz F, Witjaksono J, Rasjidi I. Panduan pelayanan medik model interdisiplin penatalaksanaan kanker serviks dengan gangguan ginjal. Jakarta: Penerbit EGC; 2008.

Egeten MM, Rumampuk J, Mongdong J. Hubungan gaya hidup pasien hipertensi dengan gagal ginjal di ruangan c RSUP Prof. DR.R.D. Kandou Manado. Fakultas Keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan: Universitas Sariputra Indonesia Tomohon. E-jurnal sariputra. Juni 2016; vol. 3 no. 2: 57-61.

Butar-butar A, Siregar TC. Karakteristik pasien dan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronik yang menjalani terapi hemodialisa. Departemen Keperawatan Dasar dan Medikal Bedah Fakultas Keperawatan: Universitas Sumatera Utara. 2013: 3-6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat:

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Telepon : 061 - 7350163

Email : ibnusinabiomedika@gmail.com