PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI GRAND REMEDIAL DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA

Aulia Ulfa, Desi Isnayanti

Abstract


Latar Belakang Remedial sebagai sebuah metode untuk memperbaiki prestasi belajar sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan. Setiap Fakultas Kedokteran memiliki metode remedial yang berbeda-beda. Berdasarkan data yang diperoleh dari divisi assessment FK UMSU, masih ada mahasiswa yang tidak lulus sehingga mahasiswa harus memperpanjang masa studi. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada mahasiswa yang mengikuti ujian grand remedial di Fakultas Kedokteran UMSU. Metode. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011, 2012 dan 2013 di Fakultas Kedokteran UMSU yang mengikuti ujian grand remedial. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Pengambilan data penelitian dengan melihat data sekunder yang diperoleh dari divisi assessment Fakultas Kedokteran UMSU berupa data IPK mahasiswa. Hasil. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada setiap angkatan didapatkan perbedaan yang bermakna antara IPK sebelum dan setelah dilakukan ujian grand remedial dengan nilai signifikansi pada angkatan 2011 p<0,001, angkatan 2012 p<0,001 dan angkatan 2013 p<0,001. Sedangkan hasil analisis IPK mahasiswa secara keseluruhan didapatkan nilai signifikansi p<0,001. Kesimpulan. Ujian grand remedial dapat membantu mahasiswa dalam memperbaiki prestasi belajar.

Kata Kunci: Remedial, Assessment, Penilaian Sumatif, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/isb.v1i2.1657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: