EFEKTIVITAS PENYULUHAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) DENGAN METODE CERAMAH DAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA REMAJA PUTRI DI SMA MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN 2016

Siti Mutia Ulfa, Rinna Azrida

Abstract


Latar belakang: Kanker payudara adalah masalah kesehatan pada wanita di berbagai negara termasuk Indonesia. Kanker payudara dapat dideteksi secara dini dengan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Tidak semua orang mengetahui SADARI, maka perlu dilakukan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan video. Tujuan: untuk mengetahui efektivitas penyuluhan SADARI dengan metode ceramah dan video terhadap tingkat pengetahuan sebagai deteksi dini kanker payudara pada remaja putri di SMA muhammadiyah 01 medan tahun 2016. Metode: Jenis penelitian menggunakan Quasi experiment yang bersifat deskriptif analitik dengan desain pre-post test group. Sampel penelitian secara total sampling sebanyak 124 siswi kelas XI dan XII di SMA Muhammadiyah 01 Medan. Hasil: Didapatkan efektivitas penyuluhan SADARI metode ceramah dengan nilai p=0,001 (p > 0,05) dan metode video dengan nilai p=0,000 (p > 0,05), namun tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara pengetahuan remaja putri tentang SADARI sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan antara metode ceramah dan video dengan nilai p=0,675 (p > 0,05). Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan tingkat pengetahuan yang bermakna antara pengetahuan remaja putri tentang SADARI sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan dengan metode ceramah dan video.

Kata kunci: pendidikan kesehatan, metode ceramah dan video, pengetahuan, SADARI


References


DAFTAR PUSTAKA

Ferlay J, Soerjomataram I, Ervik M, et al. Globocan 2012. Vol 1.0. Estimatedcancer incidence, mortality, and pravalence worldwide in 2012.

Lyon, France: IARC Press, 2014 (http://globocan.iarc.fr/default.aspx).

American Cancer Society. Global Cancer Facts & Figures 3rd Edition. Atlanta: American Cancer Society; 2015.

Kementrian Kesehatan RI, 2015. Panduan Nasional Kanker Payudara. Versi 1.0 2015.

Kementrian Kesehatan, 2015. Pusat Data dan Informasi, Stop Kanker. Jakarta Selatan; 2015.

Listyantika P, Adhani R, Adenan. Efektivitas Penyuluhan Metode Bermain dan Metode Ceramah Terhadap Penurunan Indeks Plak Gigi. Tinjauan pada pelajar SDN Atu-atu Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Tahun 2014. Dentino Jurnal Kedokteran Gigi. Vol I. No. 1.Maret 2016: 6-9

Sefrizon. 2011. Pengaruh Ceramah, Diskusi Kelompok dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Pencegahan Penularan Tuberkulosis Paru pada Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Solok. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 2011.

Kantohe ZR, Wowor VN, Gunawan PN. Perbandingan Efektivitas Kesehatan Gigi menggunakan media video dan Flip Chart terhadap peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak. Jurnal e-GiGi. Vol 4 No. 2 : Juli-Desember 2016.

Susilana R, Riyana C. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfa-atan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima, 2009; p. 9-11.

Notoatmodjo, S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010; p. 26-34.

Anderson RH. Pemilihan dan Pengembangan Media untuk Pembelajaran (terjemahan Yusufhadi Miarso, et al). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994.

Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2008. ISBN: 9792238417-9789792238419

Maulana, Heri DJ, S. Sos, and M. Kes. Promosi Kesehatan. Jakarta: EGC; 2009. p:134-160

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.30596/isb.v2i2.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: