PERUBAHAN SIKAP DAN PENGETAHUAN GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP HEIMLICH MANEUVER DAN BACK BLOW PADA ANAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI DI JALAN HALAT SETELAH DILAKUKAN PELATIHAN TAHUN 2018

Inayah Putri Marito

Abstract


ABSTRAK

 

Pendahuluan: Tersedak didefinisikan sebagai penyumbatan atau hambatan respirasi oleh benda asing yang menyebabkan obstruksi di jalan napas internal yang menyebabkan kondisi berbahaya, sehingga harus cepat ditangani, karena itu dibutuhkan orang-orang disekitar mampu melakukan tindakan penanganan yang dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap. Tujuan: Mengetahui perubahan sikap dan pengetahuan guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jalan Halat terhadap heimlich maneuver dan back blow pada anak setelah dilakukan pelatihan. Metode: Penelitian menggunakan desain pra-eksperimen dengan jenis rancangan one group pretest-posttest yang dilakukan dengan kuesioner kepada 30 sampel. Hasil Penelitian: Berdasarkan uji Wilcoxon sign rank test pada sikap diperoleh p=0,000 dan pengetahuan diperoleh p=0,000. Dari hasil tersebut nilai p value <0,05 yang berarti bahwa ada perbedaan bermakna terhadap variable-variabel yang diuji. Dapat diketahui dari uji statistik yang digunakan sikap  guru SDN setelah dilakukan pelatihan adalah baik (95%) dan pengetahuan guru SDN setelah dilakukan pelatihan adalah baik yaitu sebanyak 30 orang (100%). Kesimpulan: Ada perubahan sikap dan pengetahuan guru sekolah dasar terhadap Heimlich maneuver dan back blow pada anak setelah dilakukan pelatihan.

 

Kata Kunci : Tersedak, Sikap, Pengetahuan, Heimlich Maneuver, Back Blow


DOI:

https://doi.org/10.30596/isb.v3i1.2796


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Choking in the Pediatric. Sarah A. Denny, MD, FAAP, Nichole L. Hodges, MPH. America : American Journal of Lifestyle Medicine, 2014, Vol. XX.

Hubungan Posisi Menyusui Dengan Kejadian Tersedak Pada Bayi Di Puskesmas Bahu Kota Manado. Ayu Pravita Sari Palimbunga, Ora Et Labora Palendeng, Hendro Bidjuni. 1, Manado : Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, 2017, Vol. V.

Hubungan Tingkat Pengetahuan Siswa dengan Perilaku Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Gumelem Wetan 1 Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara. Pambudi, Catur. Purwokerto : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2015.

MODUL BANTUAN HIDUP DASAR. FKUI, Tim Bantuan Medis BEM IKM. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015.

Laporan Pengabdian Masyarakat Tentang Penanganan Tersedak "Choking". Azizah Khoiriyati, Satifa Laila Hanum, Ahmad Jumanto, Ilham Romadon, Evi Kurniawati. Yogyakarta : Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2016.

pengaruh pendidikan kesehatan tentang penanganan tersedak benda asing pada balita terhadap self efficacy ibu di posyandu desa pelem karangrejo magelan. Novitasari, Vera. Surakarta : STIKes Kusuma Husada Surakarta, 2016

Pengaruh Penyuluhan Kesehatan tentang Child Safety Terhadap Perilaku Orang Tua Dalam Pencegahan Kecelakaan Anak Usia Toddler Di Paud Yasmin Sentolo Kulon Progo Yogyakarta. Vranada, Aric. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan 'Aisyiyah Yogyakarta, 2011.

Pelatihan First Aid untuk Meningkatkan Sikap dan Pengetahuan Guru di Sekolah Dasar. Ristina Mirwanti, Aan Nuraeni. 2, Jatinangor : Jurnal Bagimu Negeri, 2017, Vol. I. ISSN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by: