Gambaran Nilai Kapasitas Vital Paru dan Tingkat Kebugaran pada Mahasiswa Perokok dan Bukan Perokok

Muhammad Fadli, Hendra Sutysna

Abstract


Latar Belakang:Kebugaran jasmani pada hakikatnya merupakan suatu kondisi tubuh yang mencerminkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari atau adaptasi terhadap pembebanan fisik yang diberikan tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan, sehingga tubuh masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggang maupun mengatasi beban kerja tambahan. Begitu juga dengan nilai kapasitas vital paru yang juga menggambarkan nilai ketahanan sistem kardio respirasi seseorang, dengan demikian tingkat kebugaran dan nilai kapasitas vital paru dapat di gunakan untuk menilai ketahanan kardiorespirasi seseorang. Ketahanan kardiorespirasi sendiri di pengaruhi beberapa faktor diantara nya : usia, jenis kelamin, genetik, kebiasaan olahraga, status gizi, kebiasaan merokok, dan kadar hemoglobin. Adapun yang termasuk ke dalam faktor yang tidak dapat diubah seperti usia dan jenis kelamin, sedangkan faktor yang dapat diubah seperti kebiasaan olahraga dan merokok. Merokok adalah salah satu faktor yang mempengaruhi ketahanan kardiorespirasi seseorng, maka penelitian ini ingin melihat bagai mana nilai kapasitas vital paru dan tingkat kebugaran seroang perokok dan bukan perokok.Tujuan: untuk mengetahui gambaran tingkat kebugaran pada mahasiswa fakultas kedokteran yang merokok dan bukan perokok Metode: jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode cross-sectional, penelitian ini dilakuakan kepada mahasiswa prokok dan bukan perokok dengan menilai kapasitas vital paru dan tingkat kebugaran nya dimana kapaitas vital paru di ukur menggunakan sprirometri kemudian di interpretasikan sedangkan pada tingkat kebugaran di ukur menggunakan Mc Ardhle StepTest, yang merupakan salah satu dari komponen fitness test. Hasil : Perokok rata rata memeliki tingkat kebugaran dan nilai kapasitas vital paru yang baik begitu juga dengan bukan perokok.

Kata Kunci : Tingkat kebugaran, nilai kapasitas vital paru, Perokok, Mc Ardhel step test


Full Text:

PDF

References


Utari, A. Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Tingkat Kesegaran Jasmani pada Anak Usia 12-14 Tahun. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang: 2007.

Nieman, D., 2011. Physical Fitness and Health Defined. Exercise Testing and Prescription. Seventh Edition. New york : Mc Graw Hill. 2011.p. 5-11.

Budiasih, K.A.S., 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani Karyawan PT. Amoco Mitsui Indonesia Tahun 2011. Jakarta:Universitas Pembangunan Nasional Veteran. 2011.p. 7-25.p. 2-3.

Susilowati. Faktor-Faktor Risiko Kesegaran Jasmani Pada Polisi Lalu Lintas Di Kota Semarang. Magister Epidemiologi Program Pasca Sarjana Diponegoro, Semarang. 2007.

WHO Report on the Global Tobacco Epidemic, 2008: The MPOWER package. Geneva : World Health Organization. Diambil dari: http://www.who.int/tobacco/mpower/mpower_report_full_2008.pdf .

Guyton, A.C. dan Hall, J.F.Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. (Irawati Setiawan. Terjemahan). Jakarta: EGC. 1997.p. 627-646.

Depdikbud. Pola Umum Pembinaan dan Pengembangan Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. Jakarta: Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi. 1992.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar Indonesia Tahun 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2013.

Rizaldy B.Amanda dkk, Hubungan prilaku merokok dengan ketahanan kardiorespirasi (ketahanan jantung paru) siswa SMKN1 padang. Jurnal ilmu kesehatn padang. 2016

Budiasih KAS. Faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani karyawan PT. Amoco Mitsui Indonesia Tahun 2011 (skripsi). Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran; 2011.

World Health Organization (WHO). WHO report on the global tobacco epidemic the mpower package. Geneva: World Health Organization; 2008.




DOI: https://doi.org/10.30596/bf.v2i3.1241

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/bf.v2i3.1241.g1273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL BULETIN FARMATERA

Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Contact (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statcounter View My Stats Buletin Farmatera