Efektivitas Ekstrak Etanol Daun Afrika (Vernonia Amygdalina Del.) sebagai Obat Antikolesterol pada Tikus Jantan Galur Wistar yang Diinduksi Kuning Telur

Nuryani Nuryani, Yufi Yuwarditra, Sigit Kurniawan, Isra Thristy

Abstract


Abstrak: Daun Afrika mengandung senyawa berupa senyawa flavonoid, saponin dan tannin untuk menurunkan kadar kolesterol. Daun Afrika banyak digunakan sebagai pengobatan alternatif hiperkolesterolemia. Daun Afrika diharapkan dapat menurunkan kadar kolesterol secara efektif sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung koroner. Tujuan penelitian untuk membandingkan efektivitas ekstrak etanol daun Afrika (Vernonia amygdalina Del.) dengan simvastatin pada tikus jantan galur wistar yang diinduksi kuning telur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan Pre and Post Test Controlled Group Design, yaitu jenis penelitian yang melakukan pengamatan pada dua kelompok (kontrol dan perlakuan) yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan. Penelitian ini menggunakan tikus putih (Rattus novergicus) sebanyak 30 tikus yang dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 tikus, dengan 1 cadangan tikus masing-masing kelompok. Penelitian ini menggunakan 500 lembar daun Afrika dan kuning telur. Data yang diperoleh akan diuji menggunakan analisis data uji Oneway ANOVA dan uji Post Hoc. Uji Oneway ANOVA (Analysis of Variant) digunakan untuk membandingkan rata-rata lebih dari 2 kelompok, sedangkan uji Post Hoc digunakan untuk membandingkan rata-rata antara 2 kelompok. Hasil uji ANOVA, ada jumlah yang signifikan antara kelompok perlakuan satu, dua dan tiga kelompok perlakuan dengan p= ,002 (P<0,05). Simpulan, ekstrak etanol Vernonia amygdalina, simvastatin dan kombinasi simvastatin dengan ekstrak etanol Vernonia amygdalina dapat menurunkan kadar kolesterol total pada tikus.

Kata kunci: Vernonia amygdalina, kolesterol total, simvastatin


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/bf.v3i3.2074

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/bf.v3i3.2074.g2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL BULETIN FARMATERA

Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Contact (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statcounter View My Stats Buletin Farmatera