Gambaran Penyalahgunaan Tetrahidrocannabinol (THC) dan Metamphetamine (Met) Pada Usia Pra Kuliah di Kota Medan Dan Sekitarnya Tahun 2016

Ilham hariaji

Abstract


Abstrak : Penyalahgunaan narkotika merupakan masalah serius di Indonesia, data Badan Narkotika Nasional 2014 menunjukan bahwa 4,1 juta orang di Indonesia mengalami penyalahgunaan narkotika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyalahgunaan narkotika jenis tetrahidrocannabinol (THC) dan metamphetamine (Met) pada usia prakuliah di kota Medan dan Sekitarnya. Penelitian observasi crosssectional ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara saat penerimaan calon mahasiswa baru pada bulan Agustus hingga Oktober 2016. Skrining dilakukan dengan test urin menggunakan stik narkoba untuk THC dan Met. Dari 4880 sampel yang diambil urin didapatkan 12 sampel urin positif mengandung THC, 33 sampel urin positif mengandung Met, dan 3 sampel urin positif mengandung THC dan Met. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat penyalahgunaan narkotika jenis THC dan Met pada usia pra kuliah di kota Medan dan sekitarnya pada tahun 2016 dan penggunan Met lebih banyak dibandingkan dengan pengguna THC.

Kata kunci: metamphetamine(Met),tetrahidrocannabinol (THC), Usia Pra Kuliah narkotika

Abstract: Drug abuse is a serious problem in Indonesia, the National NarcoticsAgency's data in 2014 showedthat 4.1 millionpeople in Indonesia experienceddrugabuse. The purposeofthis study istodescribethetypeofdrugabusetetrahidrocannabinol (THC) andmethamphetamine (Met) attheagepre-college in Medan andsurrounding areas. Thiscross-sectionalobservational study conductedattheUniversityofNorth Sumatra Muhammadiyahuponreceiptofnewstudents in August andOctober 2016. Screeningisdonebyusing a urine testfor THC drugsticksandMet. 4880 samplestakenfrom urine obtained 12 urine samplestestedpositivefor THC, 33 urine samplestestedpositiveforMet, and 3 positive urine samplescontaining THC andMet. Itcanbeconcludedthatthereis a kindof THC anddrugabuseattheageofpre-collegeMet in thecityof Medan andsurroundingareas in 2016 andtheuseoftheMetmorethanusersof THC.

Keywords: methamphetamine (Met), tetrahidrocannabinol (THC), Age PreLecturenarcotics

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/bf.v2i1.884

DOI (PDF): https://doi.org/10.30596/bf.v2i1.884.g809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURNAL BULETIN FARMATERA

Gedung Kampus 1 Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Lantai II, Laboratorium Farmakologi dan Terapi Fakultas Kedokteran UMSU Jalan Gedung Arca No. 53 Medan Sumatera Utara Indonesia, Kode Pos 20217.

Contact (WA): 0812-6208-2844

E-mail: jurnalpanduhusada@umsu.ac.id


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Statcounter View My Stats Buletin Farmatera