Publication Ethics

Buletin Farmatera mengikuti panduan yang ditetapkan oleh Komite Etika Publikasi (Committee on Publication Ethics – COPE-) dalam segala hal yang terkait dengan etika publikas, khususnya, protokol kesalahan penelitian dan publikasi. Farmatera mengadaptasi COPE untuk memenuhi standar etika tinggi yang ditujukan untuk para editor, penulis, dan mitra bestari. Penerbit tidak memiliki hak untuk mencampuri integritas isi stulisan dan hanya bertanggung jawab atas penerbitan secara berkala dan tepat waktu.

Untuk Editor

  1. Pihak Editor bertanggung jawab atas setiap manuskrip/naskah yang diterbitkan di Buletin Farmatera.
  2. Pihak Editor Hasus memastika bahwa Penulis mengikuti tatacara/kaidah penulisan di Buletin Farmatera.
  3. Pihak Editor dapat berkomunikasi dengan Journal Manager, Editor lainnya dan Mitra Bestari dalam mengambil Keputusan Akhir.
  4. Pihak Editor harus memberikan evaluasi manuskrip secara objektif tanpa melihat aspek kewarganegaraan, etnis, afiliasi politik, suku, bangsa, agama, jenis kelamin, senioritas, maupun afiliasi institusi penulis.
  5. Editor harus menolak penugasan ketika terdapat kemungkinan konflik kepentingan
  6. Editor harus memastikan bahwa manuskrip yang dikirim kepada mitra bestari tidak memuat informasi mengenai penulis, demikian pula sebaliknya.
  7. Keputusan editor harus disampaikan kepada penulis yang disertai tanggapan mitra bestari, kecuali tanggapan yang bersifat pribadi atau mencemarkan nama baik.
  8. Editor harus menghargai permintaan dari penulis yang menolak individu untuk mengevaluasi manuskripnya selama alasannya dapat diterima.
  9. Apabila Editor menemukan atau mencurigai tindakan pelanggaran.  penulisan dan konfilik kepengarangan, editor dapat mengikuti panduan dalam diagram alir COPE dalam mengatasi konflik kepengarangan.
  10. Editor dan seluruh staff harus menjamin kerahasian dari seluruh manuskrip yang dikirimkan.

Untuk Mitra Bestari

  1. Mitra Bestari diminta untuk memberikan komentar kemungkinan dalam manuskrip penelitian, jika dicurigai menemukan adanya kesalahan tata cara penulisan, etika publikasi dan penerbitan
  2. Mitra Bestari diharapka diharapkan menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktu yang telah ditentukan dan memberikan informasi kepada Editor bila tidak mampu dalam memenuhi tenggang waktu yang telah ditentukan.
  3. Mitra Bestari harus dapat menjadi kerahasiaan manuskrip penulis.
  4. Mitra Bestari tidak boleh menerima manuskrip untuk dilakukan penilaian, jika berpotensi terjadinya konflik kepentingan atau hubungan kompetitif, kolaboratif, atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi mana pun.
  5. Mitra Bestari harus meminta pertimbangan/perhatian Editor atas kesamaan substansi atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dan makalah publikasi lainnya yang memiliki lainnya yang memiliki kesamaan penulis.
  6. Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.

Untuk Penulis

  1. Penulis harus bisa meyakinkan bahwa manuskrip/naskah tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya maupun belum pernah mengalihkan hak atas artikel tersebut ke pihak lain.
  2. Penulis memastikan bahwa keaslian manuskirp dari hasil karyanya dan mengikuti aturan pengutipan yang sesuai dengan format referensi yang disesuai.
  3. Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme maupun oto-plagiarisme.
  4. Penulis harus mengikuti tatacara/kaidah penulisan Buletin Farmatera yang telah ditentukan
  5. Penulis tidak mengirimkan manuskrip/naskah secara bersamaan dengan topic dan judul yang sama ke Jurnal lain.
  6. Penulis harus bisa memberikan keterangan dan membuat rincian data-data penelitian yang terkait, apabila bagian editor menemukan adanya dugaan keraugan atau pemalsuan atau plagiarisme dalam manuskrip/naskah tersebut.
  7. Apabila seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan yang berpengaruh terhadap manusrkip/naskah yang telah dikirimkan maka penulis harus segera memberitahu kepada Editor atau Journal manager untuk segera menarik tulisan dan memperbaiki manuskrip/naskah tersebut.
  8. Penulis tidak diizinkan untuk menarik Artikel yang sedang direview oleh Reviewer sebelum dikembalikan oleh Reviewer kepada Redaksi. 


BULETIN FARMATERA

Gedung Kampus 1 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara | UMSU

Lantai II,Laboratorium Farmakologi dan Terapi FK UMSU-Jalan Gedung Arca No. 53 Medan-Sumatera Utara ,

Kode Pos 20217 Kontak: 0812-6208-2844,E-mail: farmatera@umsu.ac.id


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.