Penggunaan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP

Anggi Trinanda Harahap

Abstract


penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model discoveri learning dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi dan menganalisis penggunaan model discoveri learning dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Benteng ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode descriptif-analisis. Adapun populasi dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Koto XI Tarusan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 sampel yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dalam penelitian ini juga menggunakan angket terbuka sebagai instrumen pendukung yang disebarkan kepada 25 orang sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya, penggunaan model discoveri learning dapat meningkatkan hasil teks eksplanasi karya siswa. Peningkatan hasil tersebut dapat ini dari penggunaan struktur dan deret proses yang ada pada teks karya siswa. Selain itu penggunaan model ini juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam melakukan pembelajaran menulis teks eksplanasi. Hal ini ditunjukkan dengan tingginya antusias siswa selama melakukan pembelajaran menulis teks eksplanasi.

Keywords


Discovery Learning; Teks Ekplanasi; keterampilan Menulis; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Alfari, S. (2022, March 14). Teks Ekaplanasi: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh. Www.Ruangguru.Com. https://www.ruangguru.com/blog/ciri-ciri-dan-contoh-teks-eksplanasi

Badri, S. (2018). Metode Statistika untuk Penelitian Kuantitatif. Penerbit Ombak.

Damayanti, W. (2022). Keterampilan menulis teks ekplanasi siswa kelas IX SMA. Jurnal Pembahas, 1, 141150.

Kharismawati, L. R. S., Nirwansyah, Susi Fauziah, Rizma Angga Puspita, Riski Alam Gasalba, & Talitha Ardelina Syifa Rabbani. (2020). HOTS-Oriented Module: Discovery Learning. SEAMEO QITEP in Language.

Mahsun, M. S. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Rajagrafindo Persada.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Mentri Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Pub. L. No. 37 (2018).

Priansa, D. P. (2019). Pengembangan Startegi dan Model Pembelajaran. Pustaka Setia.

Priyatni, E. T. (2015). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Suherli, Maman Suryaman, Aji Septiaji, & Istiqomah. (2017). Bahasa Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .

Tarigan, H. G. (2008). menulis segai suatu keterampilan berbahasa. Percetakan Angkasa.

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri (Vol. 7, Issue 3). http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.10651

Refbacks

  • There are currently no refbacks.