Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Visual pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas V SDN 3 Surutanga Palopo

Nirwana Nirwana, Khaeruddin Khaeruddin, A. Husniati

Abstract


Bertujuan menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN 3 Surutanga palopo dan membandingkannya, penelitian ini merupakan riset kuantitatif eksperimental. Dilakukan untuk menguji pengaruh satu variabel bebas dan dua variabel terikat. Dimulai pada April hingga Juni 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V yang berjumlah 53 orang dan terdiri dari dua kelas dengan 26 orang siswa pada kelas 5 B dan 27 orang siswa di kelas 5 C di mana jumlah keseluruhan adalah 53 menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan melakukan tes, observasi dan dokumentasi. Sementara data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji independen sampel test, seluruh analisis statistik dilakukan dengan perangkat software SPSS 23.0 For Windows dan pada taraf signifikansi 0,05 (p < 0,05). Desain Quasi-Experiment juga rancangan pre dan post-test control group desain dalam penelitan ini bertujuan, selain memungkinkan pengambilan sampel yang telah diorganisasikan ke dalam kelompok tertentu (intact group) juga dikarenakan pada penelitian ini dibentuk dua kelas, yaitu kelas Eksperimen dan kelas Kontrol yang mempunyai kemampuan seimbang. Ini diupayakan sebab pembelajaran IPA masih mengunakan pembelajaran konvensional. Dari temuan yang peneliti peroleh, memang terdapat pengaruh model Probelem Based Learning berbantuan media visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Pengaruh tersebut memang memiliki signifikansi lebih terhadap hasil belajar, namun baik gradual maupun simultan, siignifikansi hasil belajar juga mengindikasikan di dalamnya kemampuan berpikir kritis dari para siswa.

Keywords


Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2004). Psikologi belajar.

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual (Edisi Kedu). KENCANA.

Anderson., R. Olga Pierrakos, Heather Watson, Kander., R & Russell., J. (2010). Special session Not all problems are created equal: From problem-based learning theory to research on complex problem solving and implications for the engineering classroom. IEEE. https://doi.org/10.1109/FIE.2010.5673220

Arends, R. (2008). Learning to Teach. New York: McGraw Hill Company.

Bloom, B. S. (2001). Taxonomy of Learning, and Assesing: A. revision of Bloom Taxonomy of Education Objective. New York: Long Man Inc.

Brian R. Belland, Glazewski. Krista., D. & Richardson. Jennifer., C. (2011). Problem-based learning and argumentation: testing a scaffolding framework to support middle school students creation of evidence-based arguments. Instructional Science, 39, 667694. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s11251-010-9148-z

Depdiknas. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Desmita. (2012). Psikologi perkembangan peserta didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dimyati, M. (2013). Belajar & pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah., S. B. (2002). Rahasia sukses belajar. Jakarta: rineka cipta.

Djohar, H. (2006). Guru, Pendidikan & Pembinaannya (Penerapannya Dalam Pendidikan dan UU Guru). Jakarta: Rajawali press.

Ennis, R. H. (2000). An Outline Of Goals For Critical Thinking Curuculum and Its Assesment. Online Http://Criticalthingking. Net.

Faturrahman. (2015). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. staffnew.uny.ac.id

Johnson, T. E, Archibald, T. N. & Tenenbaum, G. (2010). Individual and team annotation effects on students reading comprehension, critical thinking, and meta-cognitive skills. Computers in Human Behavior, Volume 26(Issue 6), 14961507. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.05.014

Kurniasih & Berlin. (2017). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Kata Pena.

Sanaky. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Sanjaya, W. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.

Snyder, L. G. &, & Snyder, M. J. (2008). Teaching Critical Thinking and Problem Solving Skills. The Delta Pi Epsilon Journal, 90100. https://tccl.arcc.albany.edu/knilt/images/a/a5/Teaching_critical_thinking.pdf

Sudjana, N. (2005). Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Susilowati, I., Sri Iswari, R., & Sukaesih, S. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Ppencernaan Manusia. J.Biol.Educ, 2(1), 8290. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujeb

Sutirman, M. P. (2013). Media dan model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suzuki, Shozo; Sato, Tasuku; Maeda, Akinobu; Takahashi, Y. (2006). Program Design Based On A Mathematical Model Using Ratting Of Perceived Exertion For An Elite Japanese Sprinter: A Case Study. Journal of Strength and Conditioning Research;, 20(1), 3642. https://doi.org/DOI:10.1519/R-16914.1

Trianto, M. P. (2010). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Kuala Lumpur: Kemetrian Pengajaran Malaysia.

Wulandari. N., S. &, & Damris., M. (2011). Pengaruh Problem based Learning dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tekno-Pedagogi, 1(1), 1424.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.11275

Refbacks