Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas Atas di UPT SPF SD Negeri Mangkura IV Makassar

Muhammad Amir, Abdul Azis Muslimin, Rosleny Rosleny

Abstract


Inovasi perangakat maupun model pembelajaran telah cukup berkembang dalam dunia pendidikan Indonesia, menawarkan berbagai pendekatan dan model yang sangat variatif. Namun demikian, tidak begitu signifikan dalam praktiknya. Para guru sebagai salah satu instrumen mikro dalam dunia pendidikan yang berkaitan dengan penguasaan dan pengguanan model pembelajaran, di nilai masih terbatas secara metodologis setidaknya dalam praktik pengembangan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan studi kuantitiatif dengan pendekatan Quasi-experiment untuk mengetahui perbedaan kemampuan kelas yang diberi perlakuan dan kelas yang tidak diberikan perlakuan dengan asumsi dan prediksi teknis, bahwa variabel-variabel eksternal yang mungkin mempengaruhi eksperimen tidak sepenuhnya dapat dikontrol.. Sampel ditentukan dengan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket dan observasi proses pembelajaran. Sementara analisis deskriptif (N-Gain dan Infernsial) juga digunakan setelah prasyarat uji lainnya dilakukan untuk memastikan kelayakan data. Normalitas dan homogenitas data akan ditetapkan apabila nilai signifikansi hasil > 0,05 sebagai syarat menguji hipotesis. Non-equivalent control group design dalam penelitan ini digunakan untuk mengetahui keadaan awal juga signifikansi perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang diberikan perlakuan berbeda. Hasil yang ditemukan memperlihatkan bahwa model pembelajaran project based learning akan dapat ditawarkan dengan keandalan hasil dalam penelitian ini secara statistik sebagai sebuah alternatif model pembelajaran bagi para gruru dalam usaha meningkatkan motivasi dan hasil belajar para siswa

Keywords


Project Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Apriliyani, T., Dadi, S., & Dalifa. (2019). Pengaruh Model PJBL terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SDN Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(2), 135143.

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN SCIENCE EDUTAINMENT TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Arribathi, A. H., Suwarto, Miftakhu Rosyad, A., Budiarto, M., Supriyanti, D., & Mulyati. (2021). An Analysis of Student Learning Anxiety During the COVID-19 Pandemic: A Study in Higher Education. Journal of Continuing Higher Education, 69(3), 192205. https://doi.org/10.1080/07377363.2020.1847971

Bai, Z. (2021). Variable incremental adaptive learning model based on knowledge graph and its application in online learning system. International Journal of Computers and Applications. https://doi.org/10.1080/1206212X.2021.1878419

Beghetto, R., A. (2018). Taking Beautiful Risks in Education. Educational Leadership, 76(4), 1824. https://doi.org/EJ1198988

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Daryanto. (2013). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum. Penerbit Agava Media, 2014.

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6. https://doi.org/10.1016/j.pdisas.2020.100091

Galoyan, T., & Betts, K. (2021). Integrative Transfer of Learning Model and Implications for Higher Education. Journal of Continuing Higher Education, 69(3), 169191. https://doi.org/10.1080/07377363.2020.1847970

Godbout, P., & Grhaigne, J. F. (2020). Revisiting the Tactical-Decision Learning Model. Quest, 72(4), 430447. https://doi.org/10.1080/00336297.2020.1792953

Gudio Paredes, S. (2018). Innovating science teaching with a transformative learning model. Journal of Education for Teaching, 44(1), 107111. https://doi.org/10.1080/02607476.2018.1422619

Henriksen, D., Henderson, M., Creely, E., Carvalho, A. A., Cernochova, M., Dash, D., Davis, T., & Mishra, P. (2021). Creativity and risk-taking in teaching and learning settings: Insights from six international narratives. International Journal of Educational Research Open, 2, 100024. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100024

Hollett, N., Brock, S. J., Grimes, J. R., & Cosgrove, B. (2020). Is knowledge really power? Characteristics contributing to social status during group work in physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 25(1), 1628. https://doi.org/10.1080/17408989.2019.1671325

Hubley, S., Moldow, E., Robbins, C., Harper, B., Martin, C., & Zhou, S. (2020). The Impact of Entertainment Education for Social and Emotional Learning in Elementary Schools. American Journal of Health Education, 51(5), 299309. https://doi.org/10.1080/19325037.2020.1795751

Iida, J., Ito, A., Aoyama, I., Sugimoto, K., Endo, H., Chan, M., & Furlong, M. J. (2021). Validation of a social emotional wellness survey among Japanese elementary school students. Educational and Developmental Psychologist, 38(1), 121130. https://doi.org/10.1080/20590776.2021.1899748

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 36962/MPK.A/HK/2020. In Mendikbud RI.

Lee, A. V. Y., Teo, C. L., & Tan, S. C. (2022). Rethinking teaching and learning with preschoolers: Professional development using knowledge building and a 3M analytical framework. International Journal of Educational Research Open, 3(February), 100147. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2022.100147

Majid, A., & Rochman., C. (2015). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Meldina, T., Melinedri, M., Agustin, A., & Harahap, S. H. (2020). Integrasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 15. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1572

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(2), 1423.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Ridayati, E., Pulungan, D., Lisnawati, S., Lubis, A., Sutrirubiyanto, Y., Magister, M., Universitas, H., Belakang, L., & Surbakti, R. (2021). MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERMUTU DALAM MENJAMIN TERLAKSANANYA PENDIDIKAN YANG BAIK BERDASARKAN PASAL 31 AYAT 2 UNDANG-UNDANG DASAR 1945 (Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional). 2(2012), 27.

Sapriya. (2017). Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Semple, L., & Currie, G. (2022). It opened up a whole new world: An innovative interprofessional learning activity for students caring for children and families. International Journal of Educational Research Open, 3(November 2021), 100106. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100106

SKB 4 Menteri Republik Indonesia. (2021). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2021, Nomor 384 Tahun 2021, Nomor HK.01.08/MENKES/4242/2021, dan Nomor 440-717 Tahun 2021. SKB 4 Menteri Republik Indonesia Tentang Panduan Pembelajaran Tatap Muka.

Stambough, J. B., Curtin, B. M., Gililland, J. M., Guild, G. N., Kain, M. S., Karas, V., Keeney, J. A., Plancher, K. D., & Moskal, J. T. (2020). The Past, Present, and Future of Orthopedic Education: Lessons Learned From the COVID-19 Pandemic. Journal of Arthroplasty, 35(7), S60S64. https://doi.org/10.1016/j.arth.2020.04.032

Sukmana, I. K., & Amalia, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 31633172. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068

Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 12941303.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 4855.

Winataputra, U. S. (2001). Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Terbuka, Jakarta.

Wulandari, P., Hermansyah, & Susanti , F., S. (2021). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV. 2, 7987.

Yuet Ming, Ng, Or., & Peggy, P., L. (2020). Coronavirus disease (COVID-19) prevention: Virtual classroom education for hand hygiene. Nurse Education in Practice, 45, 102782. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2020.102782

Yulis, A., Anwar, A., Amir, Z., & Sari, I. K. (2020). PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEKOLAH DASAR NEGERI 167 PEKANBARU. 4(1), 127142.

Zarifsanaiey, N., Mehrabi, Z., Kashefian-Naeeini, S., & Mustapha, R. (2022). The effects of digital storytelling with group discussion on social and emotional intelligence among female elementary school students. Cogent Psychology, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2021.2004872




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.11391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.