Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster Pada Mata Pelajaran IPA di SMP

Wisnu Wardani, Isti Rusdiyani, Lukman Nulhakim

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh media yang bersifat tidak terbarukan sehingga siswa merasa jenuh dan terkesan membosankan pada mata pelajaran IPA, sehingga motivasi belajarpun menurun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis Kinemaster di SMP. Penelitian ini menggunkan model pengembangan yaitu 4D. Uji kelayakan sebuah produk yang dikembangkan dilakukan oleh dua validator yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil uji kelayakn ahli media mendapatkan persentase 80% dengan kategori layak, kemudian hasil uji kelayakan ahli materi mendapatkan persentase 82% dengan kategori sangat layak, dan hasil respon peserta didik dengan kategori sangat baik mendapatkan persentase 87%. Dengan ini membuktikan bahwa video pembelajaran berbasis kinemaster, pada mata pelajaran IPA di SMP sangat layak untuk digunakan pada proses pembelajaran

Keywords


video, kinemaster, pencemaran lingkungan

Full Text:

PDF

References


Adam, Steffi. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Infomasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal. Volume 3 No 2. ISSN 233-8794.

Kurniawan, T.D.& Trisharsiwi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Gedangsari Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/201. Jurnal: Pendidikan Ke-SD-an. 3, (1), hlm. 21-26

Muhammad Taufik Syastra. 2015. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal 3(2): 78-90.

Nurdiana (2021), Pengembangan Media Video Pembelajaran Animasi Berbasis Kinemaster Untuk Meningkatkan Efektivitas Pada Mata Pelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sdn Kedaleman IV, Volume 10 Nomor 6 Desember 2021 Issn : 2303-1514

Permatasari, Iseu Synthia, Nana Hendracipta, DAN Aan Subhan Pamungkas. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Movedengan Konteks Lingkungan Pada Mapel IPS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 6, No.1,Juni 2019. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4100

Prastowo,Andi. 2019.AnalisisPembelajaranTematikTerpadu.Jakarta: Prenadamedia Group.

Ramayulis, 2015, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia

Sri (2021), Efektivitas media video KineMaster terhadap hasil belajar matematika siswa secara daring.JurnalAnalisa7(1)(2021)33-http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index p-ISSN : 2549-5135 e-ISSN : 2549-5143

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. In Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System.

Vira (2021), Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD Negeri 36 Koto Panjang. Journal of Basic Education e-ISSN : 2656-6702 Studies Volume 4 No 1

Wiarto, Giri. 2016. Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: Claksitas




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i2.11501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.