UPAYA MAJLIS PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH (DIKDASMEN) DAERAH KOTA MEDAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH MUHAMMADIYAH
Abstract
Sekolah dasar dan menengah Muhammadiyah jumlahnya cukup banyak, namun sayangnya tidak semua sekolah itu memiliki kualitas yang sama. Ada beberapa sekolah yang jumlahnya muridnya sedikit dikarenakan sarana dan prasarananya tidak memadai. Majlis Dikdasmen Daerah kota Medan sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap peningkatan mutu sekolah dianggap tidak bekerja secara maksimal. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), bersifat normatif, sumber data diambil dari dokumen dian wawancara sebagai data pendukung. Berdasarkan hasil penelitian Majlis Dikdasmen Muhammadiyah Daerah kota Medan terindikasi belum melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan peraturan persyarikatan Muhammadiyah serta Qa’idah Majlis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah. Keluhan mayoritas para kepala sekolah dasar dan menengah Muhammadiyah berkisar pada kurangnya arahan, bimbingan, dan evaluasi terhadap sekolah. Keluhan lainnya adalah minimnya fasilitas, sarana dan prasarana sekolah, hingga minimnya gaji guru dan kepala sekolah, sehingga membuat kinerja mereka tidak maksimal.
Kata kunci: upaya, dikdasmen, kualitas, sekolahFull Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v3i2.1248
Alamat Redaksi EduTech:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.
Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238
EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases:
View My Stats