Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan

Agus Makmur, Asrar Aspia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa khususnya pada materi menyelesaikan persamaan kuadrat, dengan base method, guru dapat mengetahui peningkatan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa khususnya pada materi menyelesaikan persamaan kuadrat, dan penggunaan base method dapat mengefektivitaskan peningkatan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa khususnya pada materi menyelesaikan persamaan kuadrat. Dari hasil penelitian dapat dilihat dari 33 orang siswa terhadap efektivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa setelah diadakan pembelajaran dengan base method .Peningkatan hasil observasi kreativitas rata rata siklus I ( 56,082 % ) dan siklus II ( 76,5 % ), dengan peningkatan ( 20,418 % ) sedangkan peningkatan hasil observasi motivasi rata rata siklus I ( 108,9 % ) dan siklus II ( 144,5 % ), dengan peningkatan ( 35,6 % ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan base method pada pokok bahasan menyelesaikan persamaan kuadrat terjadi peningkatan terhadap kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMP N 10 Padangsidimpuan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v1i01.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.