Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014

Marah Doly Nst

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Al-Hidayah Medan. (2) Untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Instant Assessment dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan segiempat kelas VII SMP Al-Hidayah Medan T.P 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VII-3 di SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014 yang berjumlah 40 orang, sedangkan objek penelitian ini adalah dengan menggunakan pembelajaran Instant Assessment untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Hasil penelitian dari 40 orang siswa pada siklus I hanya 10 siswa yang mencapai ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 41,41% pada siklus ini yang menjadi tujuan dalam penelitian belum tercapai, dan observasi nilai rata-rata keaktifan siswa hanya 3,06 maka harus dilanjutkan pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembeljaran Instant Assessment pada pokok bangun segiempat terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII-3 di SMP Al Hidayah Medan T.P 2013/2014.


DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v1i01.270


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2009. Penilaian Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, S. Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. Bahri. 2011.Psikilogi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Mayasari, Ulfa. 2014. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika dengan

Menerapkan Model Pembelajaran Modeling The Way Pada Siswa Mts ISTIQLAL

DELI TUA. UMSU. Medan

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Salamah, Umi. 2012. Berlogika dengan Matematika untuk Kelas VII SMP dan MTs.

Solo:Platinum

Sari, Mutiara. 2014. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Dengan

Model Experiental Learning Pada Kelas VII SMP Negeri 10 MedanTahun Pelajaran

/20114. UMSU. Medan

Silberman, Mel . 2013. Active Learning:101 Strategi Untuk Mengajar Secara Aktif. Jakarta:

Indeks

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya Offset.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

Uno, Hamzah dan Mohamad, Nurdin. 2011, Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta:

Bumi Aksara

Yamin, Martinis. 2013. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Referensi

Yulia, Haryono, dkk. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Instant

Assessment Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 25

PADANG. Padang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : 081265748641 Kode Pos 20238

 

 EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: