Ajaran Islam Tentang Prinsip Dasar Konsumsi Oleh Konsumen

Ida Martinelli

Abstract


Budaya konsumerisme yang menjangkiti masyarakat modern saat ini, sebenarnya memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan dan kestabilan ekonomi di masyarakat. Konsep Islam tentang konsumsi mengajarkan bahwa pemenuhan kebutuhan hidup harus selaras dan seimbang dengan kondisi keuangan dan memang yang benar-benar dibutuhkan. Islam juga mengajarkan tentang pemenuhan kebutuhan hidup manusia tidak boleh berlebih-lebihan dan tidak boros. Ketentuan tersebut merupakan bagian dari konsep maslahah yang memberikan kebaikan kepada manusia baik di dunia maupun di akhirat. Berdasarkan hal itu maka dalam hal konsumsi Islam juga harus sesuai dengan moral dan etika yang menjadi ajaran dasar dalam Islam.

Keywords


Islam, prinsip dasar, konsumsi, konsumen

Full Text:

PDF

References


Al-Siddiqi, Muhammad Nejatullah, 2004, Kegiatan Ekonomi dalam Islam, penterjemah Anas Sidik, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Andi Bahri S., “Etika Konsumsi Dalam Perspektif Ekonomi Islam”, dalam Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Volume 11, Nomor 2, Desember 2014.

Aziz, Abdul Aziz, 2013, Etika Bisnis Perspektif Islam: Implementasi Etika Islam untuk Dunia Usaha, Bandung: Al-Beta.

Chamid, Nur, 2010, Jejak Langkah Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaudry, Muhammad Sharif, 2012, Sistem Ekonomi Islam Prinsip Dasar, Jakarta: Kencana

Fauzia, Ika Yunia, Abdul Kadir, 2004, Prinsip-Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al-Syari’ah, Jakarta: Kencana Media Group.

Hendrianto, 2003, Pengantar Ekonomi Mikro Islami, Yogyakarta: Ekonisia.

Hidayat, Mohamad, 2010, an Introduction The Sharia Economic Pengantar Ekonomi Syariah, Jakarta: Zikrul Hakim.

Kasdi, Abdurrohman, “Tafsir Ayat-Ayat Konsumsi Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Ekonomi Islam” dalam JurnalEquilibrium, Volume 1, Nomor 1, Juni 2013.

Lubis, Suhrawardi K., 2000, Hukum Ekonomi Islam, Jakarta: Sinar Grafika.

Manan, Muhammad Abdul, 1980, Islamic Economics, Theory and Practice, India: Idarah Adabiyah.

Nuruddin, Amiur, “Tauhid Dan Paradigma Ekonomi Syariah”, dalam Azhari Akmal Tarigan, 2014, Teologi Ekonomi Upaya Internalisasi Nilai-nilai Tauhid dalam Aktivitas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Nuruddin, Amiur, 2002, Dari mana Sumber Hartamu (Renungan tentang Bisnis Islam dan Ekonomi Syaria), Surabaya: Erlangga.

Pujiyono, Arif, “Teori Konsumsi Islami, dalam Jurnal Dinamika Pembangunan, Volume 3, Nomor 2, Desember 2006.

Qardhawi, Yusuf, 2001, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Penterjemah: Zainal Arifin, Lc,dkk., Jakarta: Gema Insani Press.

Rahim, Abdul, 2008, Ekonomi Islam Perspektif Muhammad saw, Jember: STAIN Jember Press.

Rozalinda, 2014, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi, Jakarta; PT RajaGrafindo Persada.

Sari, Widya, “Produksi, Distribusi, Dan Konsumsi Dalam Islam”, melalui htt//www.academia.edu., diakses tanggal 10 Februari 2019.

Yuliadi, Imamudin, 2009, Ekonomi Islam Suatu Pengantar, Yogyakarta: LPPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v5i1.2803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats