Pengaruh Kepemimpinan dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Lingkungan Biro Rektor Universitas Negeri Medan

Faisal Rahman Dongoran, Soulthan Saladin Batubara

Abstract


Universitas Negeri Medan merupakan satu diantara beberapa instansi pemerintah yang memeiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan. Sebagai salah satu unsur penyedia jasa dalam instansi tersebut, kinerja pegawai atau tenaga administrasi di lingkungan Universitas Negeri Medan memegang peranan yang sangat strategis dalam pencapaian tujuan organisasi kedepannya. Untuk dapat memenangkan persaingan, para pegawai dituntut untuk memiliki jiwa kepemimpinan serta etos kerja yang tinggi guna memenuhi pencapaian sasaran kinerja secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepemimpinan dan etos kerja terhadap kinerja pegawai di lingkungan Biro Rektor Universitas Negeri Medan. Dengan teknik Simple Random Sampling serta menggunakan rumus Slovin dengan persentase kelonggaran (e) sebesar 5%, maka diperoleh sampel pada penelitian ini sejumlah 104 orang pegawai yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS). Data dikumpulkan melalui kuisioner, wawancara dan studi dokumentasi. Angket dihitung dengan satuan pengukuran skala Likert, dan diolah dengan menggunakan program SPSS (statistical product and service solution). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan, kepemimpinan dan etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai di lingkungan Biro Rektor Universitas Negeri Medan.

Keywords


Kepemimpinan, Etos kerja dan kinerja

Full Text:

PDF

References


Bass, Bernard M. 1990. From Transactional to Transformational Leadership: Learning to Share the Vision, Organizational Dynamics, Vol. 18, pp. 19-31.

Hasibuan, Malayu. S.P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2006. Evaluasi Kinerja SDM, Bandung: Refika Aditama.

Mathis, Robert L. Dan Jackson John H. 2006. Human Resources Management, Alih Bahasa. Jakarta: Salemba Empat.

Robbins P, Stephen. 2008. Organizational Behaviour Tenth Edition (Perilaku Organisasi Edisi Kesepuluh). Alih Bahasa. Benyamin Molan. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, Sondang P. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi I, Cetakan Ketiga Belas, Jakarta: Bumi Aksara.

Sinamo, Jansen. 2008. 8 Etos Kerja Professional. Jakarta: Malta Prindo.

Sunyoto, Dadang. 2011. Analisis Regresi dan Uji Hipotesis. Yogyakarta: CAPS.

Wahyuningrum, 2008. Hubungan Kemampuan, Kepuasan dan Disiplin Kerja dengan Kinerja Pegawai di Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Yousef, Darwish A. 2000. Organizational commitment and job satisfaction as predictors of attitudes toward organizational change in a non-western setting, Personnel Review, Vol. 29 Iss: 5, pp.567 592.

Gunawan, Gunawan, and Robie Fanrenza. "Motivation to Educate Lecturers in the Islamic Religion Faculty of Muhammadiyah University of Sumatera Utara." PROCEEDINGS INTERNATIONAL CONFERENCE BKSPTIS 2018. 2018.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i1.2983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.