Kurikulum Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

Agus Salim

Abstract


Dalam perspektif filasafat pendidikan Islam kurikulum dibangun di atas dasar yang kuat dan kokoh, yaitu Alquran dan hadis. Dari dasar inilah manusia melalui jalan terang-benderang untuk menjalankan fungsinya sebagai khalifah dan memperoleh kehidupan yang hakiki di dunia dan akhirat melalui yang namanya pendidikan Islam. Oleh karena dasar kurikulum pendidikan Islam adalah wahyu maka orientasi pendidikan bukan hanya sebagai penguasa ilmu tetapi pengamal ilmu. Dengan demikian kurikulum didesain agar lahirnya manusia yang memiliki ilmu, karakter dan keterampilan (skill).

Keywords


Kurikukulum, Filsafat, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Alquran al-Karim.

A Purtanto, Pius dan M. Dahlan Al Barry, 1994, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arkola.

Al-Rasyidin, 2008, Falsafah Pendidikan Islami, Bandung: Cita Pustaka.

Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-Toumy, 1979, Falsafah Pendidikan Islam, penterjemah Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang.

Arief, Armai, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Press.

Basri, Hasan, 2014, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Hanum, Azizah, 2011, Diktat Filsafat Pendidikan Islam, Medan: Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah.

Jalaluddin, 2017, Flsafat Pendidikan Islam dari Zaman ke Zaman, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, cet. 1.

Kementrian Agama RI, tanpa tahun, Syamil Quran, Bandung: PTSygma Examedia Arkanleema.

Muhaimin, 2017, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, cet. Ke-5.

Nasution, 1973, Harun, Falsafat Agama, Jakarta: Bulan Bintang.

Ramayulis, 2010, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, cet. Kedelapan.

W.J.S Poerwadarinta, 1991, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, cet. XII.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.