Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Stad Terhadap Hasil Belajar Puisi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 19 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019

Lasroha Marito Simanullang, Roma Ito Purba, Nasrah Bancin, Oktaviandi Bertua Pardede

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, STAD dan Konvensional pada hasil belajar puisi oleh siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Medan. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik random sampling. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 19 Medan, setiap kelas ada 34-35 siswa yang di pilih untuk eksperimen pembanding adalah tiga kelas. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada perbedaan pengaruh yang signifikan  antara model pembelajaran Stad dengan konvensional terhadap hasil belajar puisi.  Hal ini dibuktikan dari harga Fhitung sebesar 3,230. Diperoleh bahwa sig < α yakni 0,044 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha. Dapat diketahui bahwa harga sig yang diperoleh maing-masing pasangan yaitu 0,884 (Jigsaw-Stad), 0,436 (Jigsaw-konvensional) dan 0,039 (Stad-konvensional). Untuk mengetahui kriteria apa yang dimiliki setiap pasangan maka dibandingkanlah sig dengan α. Untuk Jigsaw-Stad (0.884 > 0,05), Jigsaw-koonvensional (0,436 > 0,05) dan Stad-konvensional (0,039 < 0,05). Dengan demikian dapat diketahui bahwa pasangan Jigsaw-Stad menerima H0, pasangan Jigsaw-konvensional menerima H0 dan hanya pasangan Stad-konvensional saja yang menerima Ha. Jadi dapat disimpulkan penerapan model Stad  berpengaruh pada hasil belajar puisi di kelas VIII SMP Negeri 19 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.


Keywords


Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw, Stad, Hasil Belajar Puisi

DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3385


Full Text:

PDF

References


Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada

University Press.

Sumardjo, Jakob & amp; Saini K.M.1997. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Priansa, DJ. 2017. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: CV

Pustaka Setia.

Nasution, D. K. (2017). Increasing The Students’ Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique.

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."

Aminuddin. 2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru

Algensindo.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Muhammad, A, G. 2015. Statistika Pendidikan, Bidang Pendidikan, Psikologi Dan

Sosial. Yogyakarta. Parama Publishing.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/article/viewFile/1975/7919

https://eprints.uny.ac.id/10164/1/JURNAL%20PENELITIAN.pdf

http://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/download/8924/7940

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24410/1/ANGGA%20PRANATA-FITK.pdf

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5245/1/ERNAWATI%20JABBAR.pdf

http://ejournal.upi.edu//index.php/JER/article/download/9619/5928

https://www.neliti.com/id/publications/76839/pengaruh-pembelajaran-kooperatif-tipe-jigsaw-terhadap-kemampuan-membaca-teks-bah

http://jurnal.uns.ac.id/GeoEco/article/view/8924

http://digilib.unila.ac.id/26829/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

http://digilib.unila.ac.id/32445/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Indonesia, U. P., & UNPRI, M. (2019, March). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. In Seminar Nasional UNPRI (Vol. 1, No. 1).

Pardede, O. B. (2013). Pengaruh model pembelajaran dan berpikir kreatif siswa terhadap hasil belajar fisika siswa SMP Negeri 30 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Sianturi, G. G. N., Akbar, S., & Pardede, O. B. (2019). Meningkat Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Divisions) Oleh Siswa Kelas VIII-A SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Tapanuli Journals, 1(2), 357-361.

Sitompul, E. S., Syahfitri, D., & Pardede, O. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengidentifikasi Struktur Teks Eksemplum Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair And Share Pada Siswa Kelas Viii-3 Smp Negeri 1 Tigapanah Tahun Pelajaran 2018/2019. Tapanuli Journals, 1(2), 351-356.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats