Eksperimentasi Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Oleh Siswa Kelas VIII SMP Talitakum Tahun Pelajaran 2018/2019

Greis Hopina Siregar, Sariati Marpaung, Oktaviandi Bertua Pardede, Ayu Dini Kurnia, Yeni Charery Butar-butar

Abstract


Pendekatan yang di lakukan guru dalam proses belajar mengajar sangat penting karena pendekatan tersebut dapat berdampak positif atau negatif terhadap hasil belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktifitas, perbedaan hasil belajar dan respon siswa sebelum dan sesudah di lakukan pendekatan kecerdasan emsional kepada siswa di SMP Swasta Talitakum Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan bentuk Pre Experimental Design dengan tipe the one goup pretest-posttest design. Pengumpulan data menggunakan , tes tertulis yang terdiri dari pre-test dan post-test, soal kecerdasan emosional dan angket. Aktivitas siswa diperoleh dari hasil pengamatan peneliti yaitu di peroleh perbandingan yaitu kelas yang di berikan pendekatan kercerdasan emosioal maka dapat di kategorikan sangat baik dalam merespon dan aktif dalam pembelaajran. Hal ini dikarenakan pendekatan kecerdasan emosional ini meberikan dampak yang positif terhadap diri siswa dimana siswa menjadi termotivasi da lebih bersemangat dalam belajar. Sedangkan pada kelas yang tidak di berikan pendekatan kecerdasan emosional dapat di katakan kurang memuaskan hasil yang di dapatkan karena masih di sebagain siswa yang memiliki motivas dan semangat belajar di kelas sehingga membuat kurangnya hasil pembelajaran bahasa indonesia yang di dapatkan

Data tes hasil belajar siswa dianalisis dengan di lakukan dua bentuk uji hipotesis yaitu hipotesis asosiatif dan hipotesis komparatif. Dan hasil yang diperoleh dalam uji hipotesis asosiatif adalah sebagai berikut Berdasarkan pengolahan SPSS maka harga sig. lebih kecil daripada harga α yaitu 0,001 < 0,05. Dengan demikian diterima Ha bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Dan untuk mengetahui besarnya sumbangan efektif kecerdasan emosional dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat digunakan hasil pengolahan SPSS melalui koefesien determinasi (R2). Melalui hasil pengolahan pada tabel 3.6. diperoleh R2 sebesar 0,408. Hal ini mengartikan bahwa kecerdasan emosional siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 40,8% berpengaruh terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia siswa. Sedangkan sisanya 59,2% dipengaruhi variabel lainnya yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Dan juga hasil uji hipotesis yang di peroleh dengan uji hopitesis komparatif adalah sebagai berikut dengan uji t – paired sample test diperoleh sig lebih kecil dari pada α yaitu 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia oleh siswa mengalami perubahan yang signifikan (berarti).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa akibat pengaruh kecerdasan emosional yang distimulus kepada siswa melalui penelitian ini.


Keywords


pengaruh kecerdasa emosional , Hasil belajar bahasa indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3386


Full Text:

PDF

References


Goleman,D (1996). Emotional intelligence,jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman,D (1998).kecerdasan emosional,jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman,D (1996). Kecerdasan emosional ,jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Segal, jeanne. Meningkatkan kecerdasan emosional, program untuk memperkuat naluri dan emosi anda,citra aksara.

Shapiro ,lawrence E (1997). Mengajarkan emotional intelligence pada anak ,jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

http://repositori.uin-alauddin.ac.id/4360/1/Sri%20Sumiyati%20Ahmad%20Putri.pdf di unduh pada 23-3-19/20:23

http://etheses.uin-malang.ac.id/2771/1/10410137.pdf di unduh pada 24-3-2019/16:10

file:///C:/Users/WIN%208/Downloads/1836-4234-1-PB.pdf di unduh pada 27-5-2019 /20:18

http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/7792/1/PROS_Faderina%20K_Pengaruh%20Kecerdasan%20Emosional_fulltext.pdf diunduh pada 2-5-2019/12:4

https://repository.usd.ac.id/9923/2/031334048_Full.pdf diunduh pada 3-5-2019 :20:12

http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/7792/1/PROS_Faderina%20K_Pengaruh%20Kecerdasan%20Emosional_fulltext.pdf diunduh pada 10-5-2019/11:2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : 081265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats