Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Dan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Melayu Langkat di MTS Negeri Tanjung Pura Kabupaten Langkat

Khairunnisa Khairunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (2) Menganalisis peningkatan minat belajar matematika peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (3) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik; dan (4) Menganalisis interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap minat belajar matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Negeri Tanjung Pura Kabupaten Langkat pada kelas VII yang terdiri dari 7 kelas parallel dan terpilih secara acak dua kelas. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi matematis dan angket minat belajar matematika. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,431 dan 0,791 berturut-turut untuk kemampuan representasi matematis dan minat belajar matematika. Analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (2) Terdapat peningkatan minat belajar matematika peserta didik yang diajar melalui pendekatan realistik berbasis budaya Melayu Langkat; (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik; dan (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) peserta didik terhadap peningkatan minat belajar matematika peserta didik

Keywords


Representasi Matematis, Minat Belajar Matematika, Pendekatan Realistik Berbasis Budaya Melayu Langkat, dan Kemampuan Awal Matematika Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2014). Seni Budaya Melayu. Medan: Mitra Medan.

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 10(7).

Arsaythamby, V & Zubainur, C M. (2014). How A Realistic Mathematics Educational Approach Affect Students Activities In Primary Schools?. Procedia Social and Behavioral Sciences, 159: 309 313.

Depdiknas. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

NCTM. Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: 20191 - 1502.

Nasution, D. K. (2017). Increasing The Students Reading Short Story Ability Through Brainstorm Sheet Technique.

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. USA: Printed in the United States of America.

Ormrod, J.E. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tunbuh dan Berkembang. Edisi Keenam, Penerbit Erlangga: Percetakan PT. Gelora Aksara Pratama.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari Banjarmasin, 1(2), 33 34.

Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Logis Dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Metematika Realistik. Disertasi. Program Doktoral. Universitas Negeri Yokyakarta. Yogyakarta.

. (2015). Aplikasi SPSS dalam Penelitian Pendidikan. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Siagian R.E.F. (2013). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif , 2(2), 122-131.

Sinaga, B. (2007). Pengembangan Model PembelajaranMatematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3). Disertasi. Program Doktoral. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yudhanegara, dkk. (2014). Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka. Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 76-85




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v5i2.3397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.