Pengaruh Supervisi Kepala Madrasah Dan Kemampuan Penggunaan Teknologi Terhadap Kinerja Guru Man Di Kota Medan

Lily Primamori Harahap

Abstract


Kompetensi manajerial kepala madrasah dapat melakukan proses supervisi kepada guru dalam proses pembelajaran. Tetapi pada kenyataannya, masih saja ada kepala madrasah yang belum mampu melakukan tugasnya sesuai dengan kompetensi manajerialnya yaitu melakukan supervisi. Salah satu indikator seorang guru yang profesional adalah memiliki kemampuan mengelola dan menggunakan media atau sumber belajar. Sehingga seorang guru harus dapat menggunakan teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman. Tetapi pada kenyataannya masih banyak guru terbiasa dengan metode konvensional dalam pembelajaran.

Tujuan penelitian: (1) mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru (2) mengetahui pengaruh kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru (3) mengetahui pengaruh supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru. Penelitian ini bertempat di MAN 1 Medan dan MAN 2 Medan di Jalan Williem Iskandar no. 7 dan 7A Medan. Jenis penelitian: kuantitatif, jumlah populasi 244 orang dan sampel 150 orang menggunakan metode Slovin.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala madrasah terhadap kinerja guru. Supervisi kepala madrasah memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 6,1% dan sisanya yaitu 93,9% ditentukan oleh faktor lainnya; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan penggunaan teknologi terhadap kinerja guru. Kemampuan penggunaan teknologi memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 10,3% dan sisanya yaitu 89,7% ditentukan oleh faktor lainnya; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara supervisi kepala madrasah dan kemampuan penggunaan teknologi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Supervisi kepala sekolah dan kemampuan penggunaan teknologi secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kinerja guru sebesar 16,5% dan sisanya yaitu 83,5% ditentukan oleh faktor lainnya.


Keywords


Supervisi, Kemampuan Penggunaan Teknologi, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Mangkunegara, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi, 2000, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Darmawan Deni, 2012, Teknologi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Darmawan Deni, 2014, Inovasi Pendidikan; Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia

Direktorat Tenaga Kependidikan, 2010, Supervisi Akademik : Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah.

Emzir, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers

Fattah. 2008, Landasan Manajemen Pendidikan . PT. Remaja Yokyakarta. Bandung

Husain Chaidar, 2014, Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan, Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 2 (Juli 2014), 189.

Juni Priansa, Doni, dan Somad Rismi. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Alfabeta: Bandung

Mulyasa. 2012. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Standar Kepala Sekolah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pidarta Made, 2009, Supervisi Pendidikan Kontekstual, Cet. I, Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, 2000, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung, Alfabeta

Sukardi, 2013, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: BumiAksara

Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang RI No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.