Efektivitas Pendayagunaan BIaya Bantuan Operasional Sekolah Dalam Anggaran Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar Swasta dan Negeri

Suria Bakti

Abstract


Dana Bos merupakan program pemerintah yang difungsikan untuk memajukan kualitas pendididkan. Permasalahan Program mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang signifikan. Disebutkan bahwa kualitas pendidikan di wilayahNegara Kesatuan Republik Indonesia masih bersain dengan Negara tetangga, Meskipun demikiani jangkauanjaringan pendidikan bagi pendudukdinyatakan mampu meningkat secara perlahan. Negara NKRI sendiri sudahmenghimbau program perubahan pendidikan bagi menatakualitas sektor ini selama 17 tahun sejak 2002. Program Bantuan Operasional Sekolah bertujuan meringankan beban masyarakat di sekitar kita khusunya dalam program mengentaskan wajib belajar Sembilan tahun. Salah satu tujuan dari program BOS adalah meningkatkan prestasi belajar peserta didik di sekolah dan berpartisipasi dalam program wajib belajar semilan tahun bias di lihat dari beberapa indicator pada angka prartisipa secara kasar.selain itu juga berperan penting dalam meningkatkan efektifitas dan kualitas Pendidikan sekolah dasar(SD).Kesepakatan danatar tim menegemen dana bos sekolah secara Bersama dalam mengambil keputusan penggunaan dana bos sangat di perlukan., disamping dana yang diperoleh dari Pemerintah daerah atau sumber lain yang sah.Dengan adanya program biaya bantuan sekolah ataupun sering di sebut BOS, SD Negeri dan SD swasta yang ada di UPTD Pendidikan dan Kebudayaan V Kab. Aceh Tamiang dapat mengurangimasalah keuangan masyarakat terhadap anggaran pendidikan menuntaskan wajib belajar Sembilan tahun yang bermutu. Hal ini menunjukkan bahwa ada manfaat yang begitu besar dengan hadirnya dana BOS bagi setiap sekolah.Penelitian ini menggunakan pendekatan qualitatif, naturalistik dan tekhnik triangulasi. Pengambilan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemanfaatanbatuan Biaya Operasional Sekolahberdasarkanpetunjuk teknis 2018 bisadimanfaatkan delapankriteria bagian yang digunakandianggarkanberdasarkanBiaya Operasional Sekolah, adalah : peningkatanStandarLulusan, peningkatanStandar Isi, peningkatanpengajaran dan kemampuan guru, peningkatan para siswa, peningkatanalat, dan peralatan, peningkatan dan penerapantata kelola instansi, pengembanganmelalui tata kelola, peningkatan perpustakaan

Keywords


PembiayaanPendidikan, Efektifitas, Biaya Satuan Pendidikan, Bantuan Operasional sekolah

Full Text:

PDF

References


.Anwar, Idhoci, 2013, Administrasi Pendidikan dan Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta

Alwi, Hasan, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.

[[3] Baharuddin, 2011. Pendidikan Gratis dan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Administrasi Publik, Volume 8 (1) Juni 2011 ISSN 2088-527X (Print) ISSN 2548-7787 (Online).

Daljono, 2011,Akuntansi Biaya Penentuan Harga Pokok &Pengendalian, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hamalik, Oemar, 2014,Evaluasi Kurikulum, Remaja Rosdakarya, Bandung.

MusfahJejen, 2015, ManajemenPendidikanTeori, KebijakandanPraktik, PT FajarInterpratamaMandiri, Jakarta

Nanang, Fattah, 2012. Standar Pembiayaan Pendidikan, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Nurkholis, 2003, Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Mode dan Aplikasi, Grasindo, Jakarta.

Nurlina, 2013, Women Vegetable Traders in Improving Childrens Education in WestPadang,Juornal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 4,No. 1 Januari2013.

Sugiono, 2015, metode penlitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, RnD) Alfabeta, Bnadung.

Supriadi, Dedi. 2010, satuan Biaya pendidikandasar dan mengenah, Remajarosda Bandung

Akrim, M. (2018, July). Media Learning in Digital Era. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.