Dapatkah Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru dan Kualitas Pelayanan Pendidikan Mempengharuhi Kepuasan Orang Tua Siswa

Tika Nirmala Sari, Muhammad Novan Prasetya

Abstract


Kepuasan orang tua siswa merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh lembaga pengelola layanan pendidikan. Pengetahuan mengenai kepuasan para orang tua siswa merupakan kegiatan yang seharusnya cukup penting dilaksanakan, sebagai usaha lembaga pendidikan untuk mengetahui sejauh mana kinerja komponen dalam lingkungan internal sekolah berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan pendidikan di lingkungan sekolah yang bertujuan untuk menghasilkan kepuasan terhadap orang tua siswa. Berdasarkan hasil penelitian, kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan kualitas pelayanan pendidikan secara simultan dan parsial tidak mempengaruhi kepuasan orang tua siswa secara signifikan. Hanya variabel kualitas pelayanan pendidikan yang secara parsial berpengaruh positif pada kepuasan orang tua siswa

Keywords


Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Astuti, Sri Wahyuni. (2012). Manajemen Pemasaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Eyal, Ori dan Guy Roth. (2011). Principalss Leadership and Teachers otivation: Self Determination Theory Analysis. Journal of Education Administration, Vol.49, No.3, 256-275.

Fajar, Laksana.( 2008). ManajemenPemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Geijsel, F., Sleengers, P., Leithwood, K dan Jantzi, D.(2003).Transformational Leadership Effect on Teachers Commitment and Efford Toward School.Vol.41,No.3, 56-228.

Gren?kov, Adriana., Gu?inskien?, J?rat?., pankov, Jana. (2017). The Role Of Leadership In Motivating Employees In A Trading Company. Vol. 7, No. 2, 247-255.

Grissom, Jason.A dan Susanna Loeb.(2011).Triangulating Principal Effectiveness: How Perspectives of Parents, Teachers and Assistant Principles Identify The Central Importance of Managerial Skill. American Educational Research Journal, Vol.48, No.5, 1091-1123.

Ho, Chien-Wei dan Wu, Chi-Chuan. (2019). Using job design to motivate employees to improve high-quality service in the airline industry. Journal of Air Transport Management. Vol.77, 17-23.

Kotler, Philip.(2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Lovelock C dan Wirtz J. (2007). Service Marketing. Fifth Edition. New Jersey: Prentice Hall.

Lupiyoadi, Rambat.(2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Munawaroh, Munjiati. (2000). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Pada Industri Pendidikan DI Yogyakarta. Jurnal Siasat Bisnis. Vol.2. No.5. 119-134.

Nasib. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Kolam Renang Bengawan Solo Pangkalan Brandan). Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Vol.18, No.1, 30-44.

Schneider, Benjamin. (2017). How Companies Can Really Impact Service Quality. HR People & Strategy. Vol.40, No.4, 20-25

Siregar, Syofyan. (2014). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif; Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: Bumi Akasara.

Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. (2018). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Wahyudi at all. (2018). The Leadership of the Head Madrasah Based Quality. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 12, No.1, 15-26.

Wirawan. (2013). Kepemimpinanan:teori, Psikologi, Perilaku Organisasi, Aplikasi, dan Penelitian. Jakarta: Rajawali.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4399

Refbacks

  • There are currently no refbacks.