Urgensi Pendidikan Agama Di Madrasah Dalam Membangun Kesolihan Sosial

Mesiono Mesiono

Abstract


Pendidikan agama adalah tugas semua pihak baik itu keluarga, sekolah, maupun lingkungan masyarakat. Pendidikan agama sangat utama karena bersumber dari Allah swt. melalui Alquran dan anjuran yang terdapat dalam hadis Nabi Muhammad saw. Dengan memahami nilai-nilai agama baik lewat keluarga,  madrasah (sekolah) dan lingkungan diharapkan peserta didik akan memiliki aqidah yang kuat dan akhlak yang mulia sehingga tercipta kesolihan sosial. Pendidikan dan perubahan sosial saling berkaitan antara satu dengan yang lain. Keduanya saling mempengaruhi, sehingga berdampak luas di masyarakat. Pendidikan dapat dijadikan sebagai agen pembaharu atau perubahan sosial dan sekaligus menentukan arah perubahan sosial yang disebut dengan pembangunan mesyarakat. Sedangkan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat setiap kalinya dapat direncanakan dengan arah perubahan yang ingin dicapai dalam membangun kesolihan sosial.

Keywords


Kesolihan Sosial, Pendidikan Agama dan Madrasah

DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4441


Full Text:

PDF

References


Al-Baruswi, Ismail Haqqi. Terjemah Tafsir Ruhul Bayan, Bandung: Diponegoro, 1996.

Al-Hasyimi, Abdul Hamid. Mendidik Ala Rasulullah, Terj. Ibn. Ibrahim, Jakarta: Pustaka Azzam, 2001.

Al-Rasyidin. Falsafah Pendidikan Islami: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi dan aksiologi Praktik Pendidikan, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.

Anzizhan dan Syafaruddin. Visi Baru Al-Ittihadiyah, Medan: Perdana Publishing, 2015.

Asy-Syaukani, Imam. Tafsir Fathul Qadir 2, Jakarta: Buku Islsm Rahmatan, 2008.

Azra, Azyumardi, et.al. Varietes of Religious Authority: Changes and Challenges in 20th Century Indonesian Islam, Singapore: ISEAS Publishing, 2010.

Daulay, Haidar Putra. Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Jakarta: Kencana, 2016.

Daulay, Haidar Putra. Historisitas dan Eksistensi Pesantren dan Madrasah, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2001.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam di Indonesia, Medan: Perdana Publishing, 2012.

Daulay, Haidar Putra. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Kencana, 2009.

Depdiknas, Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah, Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas, 2003.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta: LP3ES, 1981.

Ghazali, M. Bahri. Pendidikan Pesantren Berwawasan Lingkungan: Kasus Pondok Pesantren An- Nuqayah Guluk-Guluk Sumenep, Madura, Jakarta: Pedoman Ilmu, 2001.

Hasbullah, Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 1996.

Huda, Miftahul. Peran Pendidikan Islam Terhadap Perubahan Sosial dalam Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol. 10, No. 1, Februari 2015.

Kartasapoetra, G. dan Hartini. Kamus Sosiologi dan Kependudukan, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Lubis, Lahmuddin dan Elfiah Muchtar, Pendidikan Agama: Dalam Perspektif Islam, Kristen dan Budha, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2013.

Lubis, Lahmuddin. Konseling dan Terapi Islami, Medan: Perdana Publishing, 2016.

Lubis, Lahmuddin. Landasan Formal Bimbingan Konseling di Indonesia, Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2011.

M. Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta:Bumi Aksara,1991.

Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, Jakarta: INIS, 1994.

Masyhud, Sulthon, dkk., Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2004.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tiggi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.

Muhammad Irsad, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah (Studi Atas Pemikiran Muhaimin), Jurnal Iqra’, Vol. 2, No. 1, November 2016 ISSN: 2527-4449, h. 248-249.

Mujib, A. et. al., Intelektualisme Pesantren: Potret Tokoh dan Cakrawala Pemikiran di Era Perkembangan Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2006.

Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Penada Media, 2006.

Rais, Amien. Cakrawala Islam: Antara Cita dan Fakta, Bandung: Mizan,1989.

Rohman, Miftahur dan Hairudin. Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-nilai Sosial-kultural dalam Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 9, Edisi I 2018.

Shaleh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Vol. 2, Jakarta: Lentera Hati, 2011.

Suwendi. Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam (Jakarta: Rajawali Pers, 2002), h. 133.

Suyanto, Agus. Psikologi Umum, Jakarta : Aksara Baru, 1983.

Syafaruddin, dkk., Ilmu Pendididkan Islam: Melejitkan Potensi Budaya Umat Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2014.

Tafsir, Ahmad. Cakrawala Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Mimbar Pustaka, 2014.

Thoha, Chabib., dkk, Metodologi Pengajaran Agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Tim Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Profil Pondok Pesantren Mu’adalah, Jakarta: Direktorat Pendidikan Keagamaan dan Pondok Pesantren Departemen Agama, 2004.

Wahjoetomo, Perguruan Tinggi Pesantren, Pendidikan Alternatif Masa Depan, Jakarta: Gema Insani Press, 1997.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats