Analisis Kebijakan Penghapusan Program Akselerasi Menjadi Sistem Kredit Semester (Sks) Kepada Anak Yang Memiliki Potensi Cerdas Istimewa Dan/Atau Berbakat Istimewa (CI-BI)

Ervan Jaya

Abstract


The accelerated program policy is a government-initiated policy in order to facilitate special and special talented children, many studies that have examined the implementation of the accelerated program but in line with the new policy on gifted children are important to be studied. The purpose of this study is to examine how the implementation of the accelerated program, the obstacles that arise in the implementation of the acceleration program and what the background of the acceleration program stops and the emergence of new policies on the SKS system to children who have special intelligence and / or special talent (CI-BI ). This study is based on literature study that aims to find out how the background of birth Semester Credit System to children Special Smart or Gifted (CI-BI). Results From some implementation process can be seen if in running acceleration program there are schools that have run standardized standards both in terms of student recruitment, teacher selection, facilities and infrastructure and implementation of the curriculum, although there is also still need to be improved. Changes to the Accelerated Program Policy to SKS for CI-BI Students needs special attention for the goverment and education practioners

Keywords


Policy, Semester credit system (SKS), Special or Exceptionally Gifted Children (CI-BI)

Full Text:

PDF

References


Andayani Tri Rejeki, Penyesuaian Sosial Siswa Akselerasi Ditinjau Dari Konsep Diri dan Membuka Diri, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus I, Juni 2010 hal 13-20

Asrori Ahmad, Hubungan Kecerdasan Emosi dan Interaksi Teman Sebaya dengan Penyesuian Sosial pada Siswa Kelas VIII Program Akselerasi di SMPN 9 Surakarta, Skripsi, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Meret, 2009

Barnoto, Implementasi Kebijakan Program Akselerasi Di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, Journal Of Islamic Education Studies Volume 1, Nomor 2, Desember 2016 Hal 220-245

Deden Saepul Hidayat dan Wawan Gunawan. (2013). Mengembangkan Pendidikan bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa&Berbakat Istimewa CIBI. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Fachrudin Yudi, Penyelenggaraan Program Akselerasi Bagi Anak Cerdas Dan Berbakat (Studi Kasus: Smart Ekselensia Indonesia), Tesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah, 2015

Mirza Rina, Perbedaan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Antara Siswa Program Reguler Dengan Siswa Program Akselerasi Di Sma Swasta Al-Azhar Medan, Journal Of Psychology Vol. 19 No. 2 Oktober 2014 Hal 223-234

Nawantara Rosalia Dewi & Arofah Laelatul, Perbedaan Tingkat Komitmen Tugas Siswa Kelas Akselerasi dan Siswa Kelas Reguler di SMA Negeri Se-Kota Kediri, Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1, (4), 2016, 165— 171

Ningtyas Evi Amalia Setya, Implementasi Program Akselerasi di Smp Negeri 3way Pengubuan Lampung Tengah, Tesis, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung 2016

Novritalia Kiki & Maimunah Siti, Perilaku Prokastinasi Akademik Siswa Akselerasi Dengan Reguler Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Ilmiah Psilogi Terapan, Vol. 02, No.01, Januari 2014 Hal 89-102

Nurlaili Astika Dewi & Listyaningsih, Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Perilaku Sosial Siswa Akselerasi di Smp Negeri 3 Kediri, Kajian Moral Dan Kewarganegaraan. Volume 05 Nomor 01 Tahun 2017, 522-536

Permendikbud No. 158 Tahun 2014

Putri Diah Sekar Ayu Rena & Dkk, Perbedaan Sosialisasi Antara Siswa Kelas Akselerasi Dan Kelas Reguler dalam Lingkungan Pergaulan di Sekolah, Indonesian Psychological Journal Vol. 2 No.1 Januari 2005 : 28 – 40

Ratnasari Febriana Ika,Studi Tentang Peneyelengaraan program Akselerasi di SMPN 9 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012, Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2012.

Sari Amanda & Rustika Made, Hubungan Pola Asuh Autoritatif Dengan Taraf Kecemasan Pada Siswa Akselerasi Sma Negeri 1 Denpasar, Jurnal Psikologi Udayana 2015, Vol. 2 No. 2, 215-221

Sonia Nur Rahmi, Implementasi Kebijakan Program Peserta Didik Cerdas Istimewa dengan model Sistem Kredit Semester di Madrasah Aliyah Negeri Ngawi. Tesis. Yogyakarta: Program Sudi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015

Susilowati Endah, Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Sosial Pada Siswa Akselerasi Tingkat Smp, Jurnal Online Psikologi Vol. 01 No. 01, Thn. 2013, Hal 101-113

Taslim Patricia Lestari, International Conference On Special Education In Southeast Asia Region 7th Series 2017, Hal 579-588

Tuhurima David, Evaluasi Program Akselerasi di Smp Negeri Kota Ambon, Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume: 3, No. 1, Januari-Juni 2016 Hal: 1-14

Wahyu Iwan. H. “Hubungan Antara Perfeksionisme dengan Depresi pada Siswa Cerdas Istimewa di Kelas Akselerasi, Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan,Vol.1, No 2 (Agustus 2012), 101

Wulandini Anggi, Implementasi Kebijakan Kelas Cerdas Istimewa di Sma N 1 Wonogiri, Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 4 Vol. V Tahun 2016 Hal 429-443

Yusuf Munawir, Studi Efektivitas Program Akselerasi di SMU Surakarta, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus I, Juni 2010, h. 1-12




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v6i2.4918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats