Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Dosen di Fkip UMSU

Susan Hariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap kinerja dosen di FKIP UMSU. Untuk mengetahui lingkungan kerja terhadap kinerja dosen di FKIP UMSU. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa variabel kepemimpinan transformasional di uji secara parsial terhadap kiner jadosen di FKIP UMSU menghasilkan uji t sebesar 2,848> ttabel 2,02 dan nilai sig sebesar 0,007<0,05. (2) Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan lingkungan kerja di uji secara parsial terhadap kinerjadosen di FKIP UMSU menghasilkan uji t sebesar 2,132> ttabel 2,02 dan nilai sig sebesar 0,040< 0,05.(3) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilalukan oleh peneliti bahwa variabel kepemimpinan transformasional, lingkungan kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dosen di FKIP UMSU

Keywords


Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja, Kinerja Dosen

Full Text:

PDF

References


Arep, Ishak dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Trisakti: Jakarta.

Bambang, Kusriyanto. 1991. Meningkatkan Produktvitas Karyawan. Pustaka Binaman Pressindo: Jakarta.

Budiyanto, Eko. 2013. Sistem Informasi Manajemen Sumber daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Effendy, Uchjana Onong. 2004. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Griffin. 2004. Komitmen Organisasi, Terjemahan. Jakarta: Erlangga

Hamsinah dkk (Oktober, 2017) 62-77 dalam jurnal pengaruh gaya kepemimpinan dan setres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan

Hutapea, Evyria Mauline Natiur, 2016 Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Learning Organization dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Dosen, volume 18 nomor 2, ISSN print: 1411-1713, ISSN online: 2528-150X

Kerlinger. 2002. Asas-asas Penelitian Behavior. Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Lamatenggo,Nina. 2012. Teori Kinerja dan Pengkurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Komaruddin, Hidayat. 2001. Active Learning. Yogyakarta: Yappendis.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Mardiana. 2005. Manajemen Produksi. Jakarta: Penerbit Badan Penerbit IPWI

Murtiningsih (Desember, 2015) Vol 17, No 2 dalam jurnal Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Pada Kinerja Perawat Rumah Sakit Islam Siti Aisyah Madiun

Nitisemito, Alex S. 2000. Manajemen Personalian: Manajemen Sumber Daya Manusai. Edisi 3. Ghaila Indonesia: Jakarta

Nurkholis.2003.Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta:Grasindo

Purwanto, M. Ngalim (1991). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Mutiara Sumber Widya

Priyanto, Duwi. 2009. SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate Gava Media: Yogyakarta

Robbins, Stephen P. (2008). Perilaku organisasi. 10th Edition. Prentice Hall International Inc.

Sarwono. Sarlito Wirawan. 2005. Psikologi Lingkungan, Penerbit PT. Gramedia Grasindo: Jakarta.

Sedarmayanti. 2004. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju: Bandung

Simamora, Hendry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE.YKPN: Jogjakarta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta : Jakarta.

Suliyanto. 2005. Analisis Data dalam Aplikasi Pemasaran. Ghalia Indonesia

Tika. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta: Bumi Aksara

Thoha, Miftah (1983). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wahjosumidjo, 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Zulkifli, 2016 Pengaruh Beban Kerja Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kinerja Dosen Universitas Jabal Ghafur dengan volume 17, nomor1, ISSN: 1412-968X




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i2.4923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.