Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Model

Bulgansyah Ritonga

Abstract


Masih terlihat kurangnya komunikasi dan keterbukaan antara kepala sekolah dan guru di MAN 2 Model Medan. Kepala sekolah jarang mengikuti kegiatan di sekolah. Terdapat kesenjangan antara guru dan kepala sekolah. Kurangnya sikap komunikasi kepala sekolah menyebabkan budaya organisasi kurang baik sehingga terbentuk pengelompokan antara guru. Kepala sekolah sebaiknya bekerja sama dengan guru. Melalui komunikasi interpersonal kepala sekolah bisa merangkul guru secara keseluruhan. Sehingga budaya organisasi yang baik akan tercipta di lingkungan sekolah.Tujuan penelitian: mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru, mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru, dan mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal, gaya kepemimpinan, budaya organisasi terhadap kinerja guru.Penelitian dilakukan di MAN 2 Jalan Williem Iskandar No. 7a Medan mulai bulan Januari Maret 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jumlah populasi dan sampel sama yaitu 68 orang, menggunakan metode Totally Sampling. Terdapat pengaruh positif dan signifikan komunikasi interpersonal terhadap kinerja guru. sebesar 29,3%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya organisasi terhadap kinerja guru sebesar 71,0 %. Terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru sebesar 70,9%. Terdapat pengaruh positif dan signifikan anatara komunikasi interpersonal, budaya organisasi, gaya kepemimpinan secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 78,9%

Keywords


Komunkasi, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi

Full Text:

PDF

References


Andang, 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: PT. Arruz Media, Cet.1

Anas Fuadi, Agus, 2014, Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Guru dengan Komitmen Organisasi Sebagai Moderating, Jurnal INFORMATIKA edisi September 2014. Vol 1. No. 2, 2337 5213

Andang, 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: PT. Arruz Media, Cet.1

Asad. 2003. Kepemimpinan efektif dalam perusahaan. Edisi.2. Yogyakarta: Liberty

Barnawi & M. Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Deddy Mulyana, 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Departemen Pedidikan dan Kebudayaan. 1998, Panduan Manajemen Madrasah. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Elfrianto, E. (2020). The Effect of Organizational Culture on Achievement Motivation of Teachers in SMP (Junior High School) Muhammadiyah in Medan. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(1), 403-416.

Emzir, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers

Fattah. 2008, Landasan Manajemen Pendidikan. PT. Remaja Yokyakarta. Bandung

Gibson, Ivanevich dan Donelly, 1996, Organisation Behaviour Struktur Proses, Penerjemah Djarkasih, Jakarta: Erlangga, 1996, 52.

Juni Priansa, Doni, dan Somad Rismi. 2014. Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Alfabeta: Bandung

Maryadi Syarif (2011) tentang Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru.

Mulyasa. 2012. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani, 2007, Teori Administrasi Publik, Alfabeta, Bandung

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2007 tentang standar kepala sekolah,

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Suwandi, 2016, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Kerja Dan Komitmen Kerja Terhadap Profesionalisme Guru Di SMP Negeri Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus, Tesis Magister Manajemen Pendidikan Prodi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Tanjung, B. N., & Elfrianto, E. (2019). Analysis of Organizational Commitments Based on Lecturer Characteristics. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 2(3), 78-88.

TE Sumual-mimbar, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 2015-ejournal. Unisba.ac.id

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003, BabII, pasal 3, 4.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016, tentang Perubahan atasUndang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Pasal 1 ayat 3, 2.

Wibowo Dai, 2009, Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Kompetensi Pedagogik GuruTerhadap Kinerja Guru SD Negeri Kec. Kersana Kab. Brebes, Tesis, U




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i2.4930

Refbacks

  • There are currently no refbacks.