Konsep Prokratinasi Akademik Mahasiswa

Jamila Jamila

Abstract


Mahasiswa yang sering melakukan prokrastinasi akademik biasanya sering mengalami kegagalan dalam bidang akademik. Prokrastinasi akademik merupakan suatu perilaku individu yang suka menunda-nunda waktu untuk mengerjakan suatu tugas yang diberikan oleh dosen sehingga dapat mengakibatkan Mahasiswa menjadi malas dan sering mengalami kegagalan dalam akademik. Dalam permasalahan ini, Konselor dapat berupaya untuk membimbing dan memotivasi mahasiswa agar dapat memanfaatkan dan memanajemen waktu dengan baik dan efisien serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku prokrastinasi akademik mahasiswa. Naskah ini akan memaparkan konsep dasar prokrastinasi akademik mahasiswa meliputi; konsep prokrastinasi akademik, faktor yang mempengaruhi proskrastinasi akademik, ciri-ciri proskrastinasi akademik, tipe prokrastinasi akademik, dampak proskrastinasi akademik, dan upaya untuk mencegah proskrastinasi akademik mahasiswa. semoga naskah ini dapat menjadi bahan rujukan dan ilmu pengetahuan

Keywords


Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Adiwaty, M. R., & Fitriyah, Z. (2015). Efektivitas Strategi Penyesuaian Mahasiswa Baru pada Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi (Studi Pada UPN Veteran Jawa Timur). Jurnal NeO-Bis, 9(1), 8797.

Chu, A. H. C., & Choi, J. N. (2005). Rethinking Procrastination : Positive Effects of Active Procrastination Behavior on Attitudes and Performance. The Journal of Social Psychology, 145(3), 245264.

Darmawan, G. P. N. (2017). No Title. E-Journal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 10(2), 110.

Dewi, S. S., & Alfita, L. (2015). Perbedaan prokrastinasi akademik antara mahasiswa yang berpacaran dan tidak berpacaran. Jurnal Diversitas, 1(1), 719.

Eckert, M., Ebert, D. D., Lehr, D., Sieland, B., & Berking, M. (2016). Overcome procrastination : Enhancing emotion regulation skills reduce procrastination. Learning and Individual Differences, 52, 1018. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2016.10.001.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic, 2(2), 123132.

Handaru, A. W., Lase, E. P. S., & Parimita, W. (2014). Analisis Perbedaan Tingkat Prokrastinasi Ditinjau Dari Gender , Socio-Personal , Locus Of Control , Serta Kecerdasan Emosional : Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen FE UNJ. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 5(2), 243263.

Handayani, I., Retno, S. W., & Andromeda, N. (2015). Pengaruh Gaya Pengambilan Keputusan Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Psikovidya, 21(1), 5065.

Irfan, M., & Suprapti, V. (2014). Hubungan Self-Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Terhadap Perguruan Tinggi Pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 172178.

Kagan, M., ak, O., Ilhan, T., & Kandemir, M. (2010). The explanation of the academic procrastination behaviour of university students with perfectionism , obsessive compulsive and five factor personality traits. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2, 21212125. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.292.

Kreniske, P. (2017). How First-year Students Expressed Their Transition to College Experiences Differently Depending on the Affordances of Two Writing Contexts. Computers and Composition, 45, 120. https://doi.org/10.1016/j.compcom.2017.07.001.

Rozental, A., Forsstrm, D., Nilsson, S., Rizzo, A., & Carlbring, P. (2014). Group versus Internet-based cognitive-behavioral therapy for procrastination : Study protocol for a randomized controlled trial ?. INVENT, 1(2), 8489. https://doi.org/10.1016/j.invent.2014.05.005

Santrock, J. W. (2012). Perkembangan Masa Hidup : Edisi Ketigabelas Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Tjundjing, S. (2006). Apakah Prokrastinasi Menurunkan Prestasi ? Sebuah Meta- Analisis. Indonesian Psychological Journal, 22(1), 1727.

Tuckman, B. W. (1990). Measuring Procrastination Attitudinally and Behaviorally. Journal Procrastination Scale, 112.

Winkel, W. S., & Hastuti, S. (2010). Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Konselor, 6(1), 1823. https://doi.org/10.24036/02017615734-0-00.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v6i2.4935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.