Analasis Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Kinerja Guru Di MTS Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Muhammad Fadli Lubis, Syaiful Bahri, Sulhati Sulhati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fokus Kepala Madrasah dalam memimpin MTs Al-Jam'iyatul Washliyah dimana dengan menggunakan Kepemimpinan Partisipatif pelaksanaan Kinerja Guru berjalan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Kinerja Guru yang terdiri dari indikator Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Kompetensi Pribadi dan Kompetensi Sosial merupakan suatu dasar yang menunjang segala kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung. Selain itu dengan adanya keempat kompetensi tersebut tugas sebagai guru lebih terarah dengan baik. Pembagian Tugas dengan Merata, berdasarkan dedikasi dan produktifitas yang dimiliki setiap wakil Kepala Madrasah MTs Al-Jam'iyatul Washliyah dengan adanya pembagian tugas, maka struktur kepengurusan di MTs Al-Jam'iyatul Washliyah menjadi lebih tertata dengan baik. Hal ini, bertujuan untuk meningkatkan input, proses dan siswa MTs Al-Jam'iyatul Washliyah. Musyawarah bersama, setelah adanya kesepakatan antara Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah melalui pembelajaran daring maka dibentuk struktur pembagian tugas secara merata, maka dilakukan musyawarah pada rapat pelaporan nilai tugas, kerja dan proyek para siswa. Dan hasil akhir di kumpulkan menjadi administrasi kelengkapan Kinerja para Guru dan akan di evaluasi. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kesepakatan bersama, baik kritik dan saran sesuai dengan misi MTs Al-Jam'iyatul Washliyah, yang menggunakan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dengan memutuskan setiap hasil dari rapat yang telah disepakati secara bersama-sama


Keywords


Kepemimpinan Partisipatif, Kepala Madrasah, Kinerja Guru.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdul Choliq, 2014. Pengantar manajemen. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Abdul Wahab, Solichin. 2008. Analisis Kebijaksanaan. Dari Formulasi ke. Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Danim, Sudarwan dan Suparno. 2009. Manajemen dan kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Desi Lawarni Tanjung, 2020, Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru MAN Binjai. Diakses tanggal 20 Maret 2020.

E.B. Surbakti, 2012. Panduan Lengkap Manajemen Perusahaan, Jakarta: Praninta Aksara

Gerungan, W.A. 2007. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco

IGN Bagus Sugihandara, I Wayan Gede Supartha, 2015, Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif, Komitmen Organisasional Dan Imbalan Finansial Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Diakses pada tanggal 4 Maret 2020 (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/14535)

Imam Moedjino, 2002. Kepemimpinan dan Keorganisasian, (Jogjakarta: UII Press

Marwansyah, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, (Bandung: Alfabeta, 2012

Moeheriono. 2012. PengukuranKinerjaBerbasisKompetensiEdisirevisi. Jakarta: Grafindo

, 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Bogor: Ghalia

Moelong, 2010. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung: RemajaRosdakarya

Moelong, J Lexy. 2015. MetodologiPenelitianKualitatif. Bandung:RemajaRosdakarya

Mulyasa, 2013. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Angkasa

Musfah, Jejen. 2015. Redesain Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori dan Praktik). Jakarta: Prenada Media Group

Muchith, M. Saekhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail

Nana Sudjana, dkk. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Nia Juniawati, 2017, Kontribusi Kepemimpinan Partisipatif Dan Supervisi Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sd Negeri Se-Bandung Timur.

Diakses pada tanggal 18 juli 2020 (file:///C:/Users/hp/Downloads/8301-18363-1-PB%20(2).pdf)

P. Siagian, Sondang.2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Gunung Agung

Robbins, Stephen P. 1996. Perilaku Organisasi Edisi ke 7 (Jilid II). Jakarta: Prehallind

Sudarmanto, Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:CVAlfabeta

, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta

Thoha, Burhanuddin dan Furqon. 2004. Penilaian Sekolah Efektif. (Http.///www.Depdiknas.go.id/jurnal/4/htm) diakses 29 februari 2020

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1)

Undang-undang republik Indonesia28 tahun 2004tentangPerubahan atasundang - undang nomor 16 tahun 2001Tentang yayasan

Usman, Husaini. 2009. Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wahjosumidjo, J.M. 2010. Kepemimpinan Kepala sekolah: Tinjauan teoritik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahjosumidjo,J.M. 2008. Leadership for Quality: The free Press. TerjemahanE. Nugroho. Kepemimpinan Mutu. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo

Wexley, kenneth. And Gary yulk.1992. Perilaku Organisasasi dan Psikologi personalia. Jakarta :Rhinneka Cipta

Winardi, 1994. Asas-asas manajemmen. Bandung: Alumni

Yulk, Gary. 2009. Kepemimpinan dalam Organisasi. Aih Bahaan: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks http://komptensi.info/umum/aspek--dimensi-dalam-kompetensi.html (diakses tanggal 4 maret 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v7i1.5227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats