Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat T.P 2014/2015

Sri Hariani Manurung, Asrar Aspia

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kubus dan balok di kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat T.P 2014/2015.

Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat, yaitu kelas VIII yang terdiri dari 45 siswa. Objek penelitian ini adalah menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan belajar matematika siswa kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat T.P 2014/2015.

Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi. Tes yang diberikan kepada siswa dalam penelitian ini adalah berupa menggunakan butir soal/instrumen soal untuk mengukur hasil belajar siswa sebanyak 15 buah soal yang terbagi dalam tiga tes, yaitu tes awal, tes kemampuan siklus I dan tes kemampuan siklus II.

Penelitian terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri 3 pertemuan. Rata-rata keseluruhan kreativitas belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 1,68 dalam kategori kurang dan meningkat pada siklus II yaitu sebesar 2,81 dalam kategori baik. Hasil kemampuan belajar pada siklus I adalah sebesar 44,00% atau sebanyak 11 siswa yang memperoleh nilai ? 75 dengan nilai rata-rata 66,61. Pada siklus II ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,40% atau sebanyak 21 siswa yang memperoleh nilai ? 75 dengan nilai rata-rata 78,92. Dalam siklus II ini pencapaian ketuntasan belajar secara klasikal sudah terpenuhi

Kata kunci: Kreativitas, Hasil Belajar, Model AIR


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.