Peningkatan kemampuan listening melalui Pemanfaatan laboratorium Bahasa

Khairil M.Hum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa dalam hal keterampilan berbicara dengan menggunakan laboratorium bahasa. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetgahui apakah dengan pemanfaatan laboratorium bahasa dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa FKIP bahasa Inggris semester 3 TA 2001 2012 dalam hal keterampilan menyimak (listening mereka), bila dibandingkan dengan tanpa menggunakan Laboratorium bahasa. Dari hasil penelitian dapat di lihat dari 72 orang siswa, dalam mendeskripsikan hasil penelitian ini peneliti mebagi dalam 3 tahap yaitu :

  1. Deskripsi hasil perhitungan kemampuan menyimak mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan jurusan bahasa Inggris TA 2011 2012 tanpa menggunakan laboratorium bahasa.
  2. Hasil perhitingan kemampuan menyimak mahasiswa fakultas keguruan dan pendidikan jurusan Bahasa Inggris TA 2011 2012 dengan menggunakan laboratorium bahasa.
  3. Deskripsi hasil hubungan antara pengaruh penggunaan laboratorium bahasa terhadap kemampuan menyimak mahasiswa FKIP jurusan bahasa Inggris TA 2011 2012.

Kata Kunci : Keterampilan Berbicara, Laboratorium Prestasi,




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v1i02.587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.