Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Semester IV Pada Mata Kuliah ITL Di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Umsu

Rini Ekayati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar ITL mahasiswa FKIP UMSU Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau class-room action research yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklusnya akan melewati empat tahapan penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV-D Pagi FKIP UMSU Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan tahapan siklus yang dilaksanakan, diperoleh data bahwa pada tahap awal pra siklus, rata-rata hitung dari nilai hasil belajar Drama mahasiswa pada kelas IV-D Pagi masih berada pada level 60,00 (rendah) dengan persentase indikator ketuntasan sebesar 4,88%. Setelah dilakukan refleksin dan evaluasi, dimulailah siklus I (satu) dan diperoleh hasil adanya peningkatan nilai rat-rata hitung yang menjadi 61,22 dengan indikator ketuntasan mencapai 20 poin kemajuan. Pelaksanaan siklus I ini belum mampu mengatasi permasalaha yang ada. Maka, dilakukanlah siklus II berdasarkan hasil temuan di siklus I. Pada siklus II, diperolah hasil nilai rata-rata hitung ketuntasan yang telah meningkat secara signifikan yaitu 84,25 (tuntas). Ditambah lagi dengan nilai indikator ketuntasan yang sudah mencapai nilai kemajuan sebesar 35 poin kemajuan. Hal ini berarti bahwa metode STAD berpengaruh efektif untuk meningkatakan hasil belajar Drama mahasiswa semester IV-D Pagi dengan pesentase peningkatan 97,56%.

Kata Kunci: Metode Kooperatif, STAD, Intoroduction to Literature




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v1i02.590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.