Upaya Meningkatkan kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Two Stay Two Stray Pada Siswa SMP Negeri 10 Padangsidimpuan

Agus Makmur

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab apakah setelah penggunaan metode two stay two stray ada peningkatan kreativitas dan bagaimana hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada sub materi luas dan volume kubus dan balok di kelas IX SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang berasal dari kelas IX T.P 2014/2015 yang terdiri dari 30 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian untuk mengumpulkan data dengan cara pemberian tes dan observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang pada setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahapan, yakni tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi, yang masing-masing memiliki 2 pertemuan tiap siklusnya. Pada setiap pertemuan, peneliti memberikan tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan observasi untuk melihat peningkatan kreativitas dalam belajar matematika. Dari analisis hasil belajar pada sub materi luas dan volume kubus dan balok pada tes awal menunjukkan 9 siswa (22,40%) yang memenuhi KKM. Pada siklus I diperoleh 19 siswa (44,17%) yang memenuhi KKM dengan hasil observasi kreativitas 2,3 dengan kategori kurang. Sedangkan pada siklus II terjadi pelonjakan yakni 30 siswa (84,01%) telah memenuhi KKM dengan hasil observasi kreativitas 3,4 dengan kategori sangat baik.

 

Kata kunci: Kreativitas belajar, Hasil belajar siswa, Metode Two Stay Two Stray

 


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Doly, Marah. "Penerapan Strategi Instan Asessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa AMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014." Jurnal EduTech 1.1 (2015): 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v2i2.597

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats