Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Motivasi Terhadap Mutu Pendidikan di Universitas Al washliyah (UNIVA) Medan

Akman Daulay, Ahmad Tafsir, Hendri Tanjung

Abstract


ABSTRACT

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan. Penelitian ini termasuk Metode  penelitian yang digunakan penulis dalam menyusun laporan tugas akhir ini menggunakan metode deskriptif, yaitu yang mengungkapkan gambaran masalah yang terjadi pada saat penelitian ini berlangsung dan metode kuantitatif, yaitu metode untuk menghitung seberapa besar pengaruh variabel bebas teradap variabel terikatnya. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dimaksudkan untuk mengetahui adakah pengaruh faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi perubahan Mutu Pendidikan Universitas Al Washliyah Medan dengan persamaan. Berdasarkan hubungan antar variabel diketahui bahwa ketiga hubungan yang memiliki hubungan yang tidak signifikan yaitu antara Mutu Pendidikan (Y) dengan Faktor Internal (X1), Mutu Pendidikan (Y) dengan Faktor Eksternal (X2) dan Faktor Internal (X1) dengan Faktor Eksternal (X2). Dari aspek variabel Faktor Internal dan Faktor Eksternal secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan. Pada uji F, terdapat kecocokan antara model dengan data. Sehingga model analisis jalur yang didapat layak untuk digunakan. Secara parsial koefisien Faktor Internal berpengaruh signifikan terhadap Mutu Pendidikan dan Faktor Eksternal tidak berpengaruh secara signifikan. Pengaruh langsung variabel Faktor Internal (X1) terhadap Mutu Pendidikan (Y) adalah sebesar 0,032041 atau 3,2041% dan pengaruh tidak langsung melalui Faktor Internal (X2) adalah 0,00159847 atau 0,159847% sehingga total pengaruh yang diberikan variabel Faktor Internal (X1) adalah 0,03363947 atau sebesar 3,363947% terhadap Mutu Pendidikan (Y). Ini berarti Faktor Internal memiliki pengaruh yang kecil terhadap Mutu Pendidikan.Pengaruh langsung variabel Faktor Eksternal (X2) terhadap Mutu Pendidikan (Y) adalah sebesar 0,002209 atau 0,2209% dan pengaruh tidak langsung melalui Faktor Internal (X1) adalah 0,00159846 atau 0,159846% sehingga total pengaruh yang diberikan variabel Faktor Eksternal (X2) adalah 0,00380747 atau 0,380747% terhadap Mutu Pendidikan (Y). Ini berarti Faktor Ekstrnal memiliki pengaruh yang besar terhadap Mutu Pendidikan. Nilai R square sebesar 4%, ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model analisis jalur yang didapatkan dimana variabel eksogen yaitu Faktor Internal (X1) dan Faktor Eksternal (X2), memiliki pengaruh terhadap variabel Mutu Pendidikan (Y) sebesar 4%, namun pengaruhnya sangatlah kecil. Sedangkan sisanya (100%-4% = 96%) adalah kemungkinan terdapat aspek-aspek lain yang memiliki pengaruh terhadap perubahan variabel Mutu Pendidikan (Y). Hal ini sesuai dengan nilai error yang muncul pada path diatas yaitu sebesar 0,63.

Kata Kunci: Motivasi, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Mutu Pendidikan


DOI:

https://doi.org/10.30596/edutech.v2i2.602


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : 081265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats