Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al-Fauzi Medan

Novi Andriyani Rangkuti, Salim Aktar, Indra Prasetia

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan supervisi akademik pengawas sekolah di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al Fauzi Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al-Fauzi. Pendekatan atau metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al-Fauzi Medan adalah sebagai berikut: Pertama, pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah pada SDS IT Al Fauzi Medan belum maksimal. Kedua, profesionalisme guru SDS IT Al Fauzi Medan memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Ketiga, supervisi akademik pengawas sekolah di SDS IT Al-Fauzi belum dapat meningkatkan profesionalisme guru. Untuk itu diharapkan pelaksanaan supervisi akademik pengawas sekolah yang meliputi pembinaan, pemantauan dan penilaian serta bimbingan profesionalitas guru hendaknya dilaksanakan secara terjadwal, sistematis dan berkesinambungan, profesionalisme guru dalam bidang penguasaan bahan ajar, pengelolaan kelas, penggunaan media dan sumber pengajaran harus lebih ditingkatkan, serta pengawas sekolah dasar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara maksimal dengan memanfaatkan teknologi untuk mengoptimalkan kinerjanya yang akan berimbas pada peningkatan profesionalisme guru di SDS IT Al Fauzi Medan.

Keywords


supervisi akademik, pengawas sekolah, profesionalisme guru

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Danim, Sudarman, 2002, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Daryanto, 2009, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. A V Publisher, Jakarta.

Fathurrohman, Pupuh dan AA Suryana, 2011, Supervisi Pendidikan dalam Pengembangan Proses

Pengajaran, Refika Aditama, Bandung.

Jerry H. Makawimbang, 2011, Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Kemdikbud Ditjen GTK Dikdasmen, 2017, Panduan Kerja Pengawas Sekolah Pendidikan Dasar dan

Menengah, Jakarta.

Masaong, Kadim, 2013, Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru, Alfabeta, Bandung.

M. Echols, Hasan Shadily, 1988, Kamus Inggris Indonesia, Gramedia, Jakarta

N. A. Ametembun, 2007, Supervisi Pendidikan : Penuntun bagi Penilik Pengawas Kepala Sekolah dan

Guru-guru, Suri, Bandung.

Priansa, Donni Junni dan Sonny Suntani Setiana, 2018, Manajemen dan Supervisi Pendidikan, Pustaka

Setia, Bandung.

Purwanto, M. Ngalim, 1987, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Jakarta.

Robbins, Stephen P, 1997, Management: Concepts and Practices, Englewood Cliffs,Prentince-Hall.

Robbins, Stephen P dan Mary Coulter, 2010, Manajemen, Erlangga, Jakarta.

Sadirman, A.M, 2003, Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sagala, Syaiful, 2009, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Alfabeta, Bandung.

, Supervisi Pembelajaran. Dalam Profesi Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

, Supervisi Pembelajaran, Alfabeta, Bandung

_______2017, Human Capital : Membangun Modal Sumber Daya Manusia Berkarakter Unggul Melalui Pendidikan Berkualitas., Kencana, Depok.

Sahertian, Piet A, 2010, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan , Rineka Cipta, Jakarta.

Samana,A, 1994, Profesionalisme Keguruan, Kanisius, Yogyakarta.

Satori, Djam’an, 2016, Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Alfabeta, Bandung.

Sudjana, Nana, 2011, Buku Kerja Pengawas Sekolah, Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan,

Badan PSDM dan PMP, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Sugiyono , 2015, Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods), Alfabeta, Bandung

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suharsaputra, Uhar, 2018, Supervisi Pendidikan Pendekatan Sistem Berbasis Kinerja.,Refika Aditama,

Bandung.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2017, Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Usman, Husaini. 2006 Manajemen Teori, Praktek Dan Riset Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta.

Usman, Moh. Uzer, 2000, Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Zepeda, Sally J, 2003, Instructional Supervision Applying Tools And Concepts

Aktar, Salim. “Upaya Peningkatan Mutu Pendidik(Guru)” Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol I, No. 4.

Februari 2018.

Asniarny. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Sekolah Dasar di Kota Dumai” Jurnal PAJAR, Volume 3, Nomor 4. Juli 2019.

Dalawi, dkk. 2013 “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan

Profesionalisme Guru SMP Negeri 1 Bengkayang” Vol 2, Nomor 3.

Messi, dkk. “Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan

Profesionalisme Guru” JMKSP, Volume 3, No.1, Januari-Juni 2018.

Departemen Pendidikan Nasional Tahun 1994

, Penyusunan Program Pengawasan Sekolah (Bahan Pelatihan Pengawas

Sekolah),Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Jakarta

, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2007 tentang Standar

Kompetensi Pengawas Sekolah/ Madrasah, Jakarta

, Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2009 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas

Satuan Pendidikan, Jakarta.

, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v7i1.6650

Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats