Analisis Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Di Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat Kabupaten Langkat

Sahrijal Akino, Syaiful Bahri, Sulhati Sulhati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan dapat menjabarkan: 1) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat, 2) bagaimana kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat, dan 3) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, naturalistik dan teknik triangulasi. Teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 4 bulan, dimulai dari bulan Februari 2020 sampai dengan bulan Mei 2020. Subjek dan informan penelitian ini adalah Kepala Madrasah dan beberapa Guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepemimpinan kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat memiliki kemampuan untuk mempengaruhi para guru dan staf dalam mengarahkan, memotivasi, dan kerjasama untuk mencapai tujuan sesuai dengan visi dan misi madrasah. Kepemimpinan Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat tergolong menerapkan 2 tipe kepemimpinan, Pertama kepemimpinan situasional,  yakni fleksibel dan toleransi dalam memimpin para guru dan staf. Kedua kepemimpinan demokrasi (Democratic Leadership) kepala madrasah memperhitungkan aspirasi dan kepentingan para guru dan staf dan mengusahakan agar para guru dan staf ikut berperan aktif dalam mengambil keputusan dan dalam menjalankan kepemimpinannya. Kepemimpinan kepala madrasah juga mengunakan pendekatan dengan norma-norma ajaran Islam yakni kepala madrasah dalam menjalankan kepemimpinan dengan menanamkan prinsip tanggung jawab (bahwa apa yang telah diperbuat di dunia pasti akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat oleh Allah Swt). 2) Kompetensi guru di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah Stabat tergolong baik, ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. 3) Kepala Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Jabal Rahmah dalam meningkatkan kompetensi guru dengan menerapkan beberapa metode pendekatan yang mencakup pelatihan yakni berupa bimbingan teknis, keteladanan, kebersamaan, kedisiplinan, kemandirian dan ketulusan.

Keywords


Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdulbar dkk, (2015). KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA MAN NGABAN KABUPATEN. 10 Februari 2020

Aktar, Salim, (2018). UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (GURU), Jurnal ilmu pendidikan Confidence Vol. I No. 4, Pusat Pengembangan Pendidikan Sumatera Utara

A. Muin, dkk, (2014). HUBUNGAN SUPERVISI DAN KEPPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DENGAN KOMPETENSI GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK, 10 februari 2020

Ad-Dumaiji, Abdullah, (2017), Imamah Uzhma Konsep Kepemimpinan Dalam Islam, Jakarta.: Ulumul Qura

Al-Qur’an dan Terjemahnya, (1990). Madinatul Munawarah: Mujamma’ al-Malik Fahd Li Thib’at al-Mushhaf as-Syarif Bekerjasama dengan Departeman Agama RI.

Erni Pertiwi, (2014). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dan Layanan Tata Usaha Dengan Kinerja Guru MTs Negeri Kota Pontianak, 10 Februari 2020

Kartono, Kartini, (2017). Pemimpin Dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Persada

Mulyadi, (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu. Malang : UIN Maliki Press

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional publik Indonesia Nomor: 13 Tahun 2007

Ramayulis dan Mulyadi, (2017). Manajemen & Kepemimpinan Pendidikan Isla. Jakarta: kalam Mulia

Robbins, Stephen P dan Coulter, Mary, (2018). Manajemen Jilid 1. Erlangga: E13

Rifai, Moh, 2007,Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Alfabeta, Bandung Jakarta.

Sagala, Syaiful, 2009, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Alfabeta, Bandung

Siagian, Sondang P, 2015, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Suharsaputra, Uhar, 2010, Administrasi Pendidikan, PT Refita Aditama, Bandung

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam bab II Pasal 3

Undang-Undang (UU) No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 1, ayat 10

Undang-Undang (UU) No 14 Tahun 2005 Pasal 8,

Undang-Undang (UU) No.14 Tahun 2005 pasal 1 ayat (1) Veithzal Rivai. 2006. Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Edisi kedua. (Jakarta:RajaGrafindo Persada.

Wahab, Abd H.S. dan Umiarso, 2011,Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual, Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Wahbah Zuhaili, dkk, 2008, Buku Pintar al-Quran Seven in One, Al-Mahira, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v7i1.6659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats