Analisis Kecerdasan Intelektual Kepala Sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah

Ari Arfiah Hardian, Amini Amini, Elfrianto Elfrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan  intelektual kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kecerdasan intelektual kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah , berdasarkan indicator adalah sebagai berikut: pertama, Pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah dalam menangani kecerdasan angka dapat di katakan baik karna terbukti dengan membagi jam mengajar pada dewan guru serta memberikan sangsi apabila ada yang menyalahi aturan, serta mengatur waktu dalam hal rapat dan pembahasan belajar mengajar. Kedua, Dalam kepemimpinan kepala sekolah menangani pemahaman komunikasi verbal di SMA Tarbiyah Islamiyah dapat di kategorikan baik karna dapat dilihat dari hasil yang di berikan, seperti pemahaman oleh dewan guru dan peserta didik dengan baik. Dan ketiga, Kepemimpinan kepala sekolah dalam menangani kecepatan persepsi memeberikan dampak yang positif, seperti salah satunya memberikan metode belajar yang baru melalui pembelajaran during atau online dan melakukan tatap muka secara berkala dan bergelombang.


Keywords


kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Angka, Pemahaman Komunikasi, Kecepatan Persepsi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdorrakhman Gintings, Belajar dan Pembelajaran (Bandung: Humaniora, 2008), 126.

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangkitkan ESQ Power, (Jakarta: Arga, 2007) hal.60

Akhmad Muhaimin Azzet, Mengembangkan Keceerdasan Spiritual Bagi Anak, (Yogyakarta: Katahati, 2010), hal.30

Anwar, M.I. 2003. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Cresswell, J.W. (2007) Qualitative inquiry & Research design: Choosing among five approaches. 2nd edn. California: Sage

Denzin and Lincoln (ed) (1994). Handbook of Qualitative Research. Sage Publication. Thousan oaks, London. 1994:236-237

Depdikbud. (1999). Perencanaan Pendidikan (Materi Pelatihan Calon Kepala Sekolah). Jakarta: DirjenDikdasmen

Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hal.18

E.Mulyasa, (2007).Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Engkoswara, 2001. Paradigma Manajemen Pendidikan, Menyongsong Otonomi Daerah. Bandung: Yayasan Amal Keluarga.

Fullan, Michael dan Nancy Watson. 2000. School Based Management: Reconceptualizing to improve learning outcomes. Research Journal.

Hasmayanti, Yanti. PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KOMPETENSI GURU (Studi pada Jurusan Bisnis dan Manajemen Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta di Kabupaten Sumedang). Vol 10, No 1 (2011): Manajerial : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi.

Iskandar, Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru), (Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2009), hal.34

Kartini Kartono, Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011), hal. 253

Luhur Wicaksono, “Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran”, Jurnal Pembelajaran Prospektif, vol. 1 Nomor 2 (2016), 16.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Rina Nurmala dkk., “Komunikasi Verbal dan Non Verbal dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar; Studi Kasus pada Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bintang Gang Nangkasuni Wastukencana Bandung”, Jurnal E-Proceding of Management, vol. 3 No. 1 (April, 2016), 804

Retno Indayati, Psikologi Perkembangann Peserta Didik, (Tulungagung: IAIN Tulungagung Press, 2014), hal.63 10 Muhibbin Syah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Grafindo Persada, 2006), hal. 91

Rochajat Harun, “Komunikasi Nonverbal dalam Proses Pelatihan”, Jurnal Mediator, Vol. 3 No. 2, 2002, 306.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tri Indah Kusumawati, “Komunikasi Verbal dan Nonverbal”, Jurnal al-Irsyad, vol. 6 No. 2 (Juli –Desember, 2016), 142.




DOI: http://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v7i1.6663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Redaksi EduTech:

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan.

Telp/Hp : +6281265748641 Kode Pos 20238

 

EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial is abstracting & indexing in the following databases: 

      

 

 

View My Stats