Analisis Menajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Sumber Daya Guru Pada Sekolah Dasar Muhammadiyah 02 Medan

Rahamansyah Rahamansyah, Syaiful Bahri, Sulhati Sulhati

Abstract


Ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan sumber daya guru di SD Muhammadiyah 02 Medan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Dasar Muhamadiyah 02 Medan. Penelitian ini dilakukan dalam upaya menggambarkan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah di Sekolah Dasar Muhammadiyah 02 Medan, dengan melalui beberapa tahapan manajemen yaitu planning, organizing, actuating, controlling, dan evaluating. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data dan hasil penelitian yakni berupa wawancara dan observasi selanjutnya data tersebut dianalisa yang pada akhirnya menghasilkan sebuah penelitian kualitatif. Manajemen yang dilaksanakan kepala SD Muhammadiyah 02 Medan mengikuti dua pola yakni pola struktural dan non struktural. Kesimpulan ini didapat dari pembahasan dan deskripsi data yang telah dilakukan. Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 02 Medan telah mengikuti fungsi-fungsi manajemen dalam melaksanakan Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan sumber daya guru di SD Muhammadiyah 02 Medan. Manajemen berbasis sekolah dalam peningkatan sumber daya guru di SD Muhammadiyah 02 Medan pada dasarnya adalah sekolah sekolah yang menjadikan standar Sekolah Berbasis Manajemen sebagai keunggulan. Sedangkan kelemahan yang masih didapati pada pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah dalam peningkatan sumber daya guru yaitu tidak semua guru memiliki kesempatan yang sama disebabkan adanya beberapa permasalahan

Keywords


Manajemen, Peningkatan, Berbasis Sekolah, Sumber Daya Guru.

References


Arep Ishaq, Hendri Tanjung, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Universitas Trisakti, 2013.

Arikunto, S. Dan Abdul Jabar, C. S, Evaluasi Program Pendidikan,

Jakarta, Bumi Aksara, 2014.

Barnadif, I, Dasar-Dasar Kependidikan, Jakarta, Ghalia Indonessia,

Burhanuddin Yusak, Administrasi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia, 2015.

Daryanto, Administrasi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta, 2015

Departemen Pendidikan Nasional, Standar Nasional Pendidikan Peraturan Pemerintah No. 19. Tahun 2005, Jakarta, Sinar Grafika, 2005.

Departemen Agama, RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Jakarta, Dirjen Pendidikan Islam. 2007.

Djoyonegoro W. Lima Tahun Mengemban Tugas Pengembangan SDM. Jakarta Balitbangdikbud.2015.

Enoch Jusuf, Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2014

Faisal ,Sanapiah, Penelitian Kualitatif, Malang, YA 3. 2016.

Fadjar Malik, Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta, Pustaka Setia,2015.

Hasan, Ani M. Pengembangan Profesionalisme Guru, Surabaya, Seminar Nasional Pendidikan.2012.

Herabudin, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung, Pustaka Setia, 2013.

Irwantoro Nur, Kompetensi Pedagogik, Cilegon, Genta Group Production.2016.

Kamars, Dachnel, Administrasi Pendidikan Teori dan Praktek, Malang, Universitas Putra Indonesia Press.2015.

Martoyo Susilo, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, BPFE. 2016.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung, Rosda. 2012.

Mukhadis, A. Standar dan Sertifikasi Kompetensi Refresentasi Penjamin Mutu Profesionalisme Guru di Indonesia Pada Abad Pengetahuan, Surabaya.2014.

Mulyasa, Endang. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung, Remaja Rosdakarya.2017.

Nasution, Mulia. Manajemen Personalia, Jakarta, Djambatan. 2016.

Northouse Peter G, Kepemimpinan, Jakarta, PT Indeks, 2017

Nurtanto, Muhammad. Mengembangakan Kompetensi Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, X (2011) 560-663

A. Sani Ridwan, Sistem Penjamin Mutu Pendidikan, Tira Smart, Tangerang, 2018.

Ruky,S.Ahmad, Sistem Manajemen Kinerja Panduan Praktis untuk Merancang dan Meraih Kinerja Prima, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama,2016

Sagala Syaiful, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, Bandung, Alfabeta,2013.

Sudarminta, J. Tantangan dan Permasalahan Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium Ketiga, Jogjakarta, Kanisus.2015.

Sagala Syaiful, Etika dan Moralitas Pendidikan, Bandung, Alfabeta, 2016

Tasmara Toto, Spritual Centered Leadership, Jakarta ,Gema Insani Press. 2016

Tilaar, H.AR. Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Bandung, Remaja Rosdakarya. 2015.

Usman, Husaini. Manajemen Sekolah Yang Efekftif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, XI (2015): 4-6

Wibowo, Mungin Eddy, Standardisasi, Sertifikasi, dan Lisensi Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Surabaya. 2014.

Wukir, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah. Jakarta.2012

Zuhri, Minan. Pengembangan Sumber Daya Guru dan Karyawan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, VII (2010): 218-220




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i1.6709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.