Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Microteaching

Mutia Febriyana, Winarti Winarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran berbasis Student Centered Learning mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah microteaching. Teknik analisis data dalam peneltian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini ialah melalui tes dan lembar observasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dalam bentuk uraian. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa/I program studi Pendidikan Bahasa Indonesia Semester VI Kelas A-Pagi berjumlah 38 mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Tahapan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran berbasis student centered learning mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran microteaching mahasiswa dengan ditandai oleh keaktifan, perhatian, dan keterlaksanaan pembelajaran yang meningkat. Aktivitas pengamatan hasil belajar dari tes awal yakni sebelum menerapkan model pembelajaran berbasis student centered learning hanya 3 mahasiswa (10%) dengan nilai rata-rata 69,11. Pada siklus I mahasiswa dinyatakan tuntas meningkat menjadi 14 mahasiswa (46,66%) dengan nilai rata-rata 72,56. Pada siklus II mahasiswa yang mencapai tuntas sebanyak 37 mahasiswa (83,22 %) dengan nilai rata-rata 82,86.


Keywords


Sent centered learning, hasil belajar, microteaching.

Full Text:

PDF

References


Amer, Mosheer.2013. The Effect of Explicit Instruction in Expository Text Structure on the Writing Performance of Arab EFL University Students. Arab World English Journal. Vol.4, No. 1, pp.224-238.

Andayani.2009. Bahasa Indonesia. Surakata: FKIP UNS.

________.2014. Pendekatan Saintifik & Metodologi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Surakata: Yuma Pustaka.

Aunurrahman.2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ekasari, Anisa Diyah., Nuryatin, Agus.,danSuwito,Wagiran.2014. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus Dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol.3, (1),pp.1-9.

Kellog, R.T. 2008. Training Writing Skills: A Cognitive Developmental Perspective. Journal of Writing Research, 1(1), pp. 1-26.

Laeli, Annisa Nur, Wagiran, dan Suseno.2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Keindahan Alam Menggunakan Metode Partisipatori Dengan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.Vol.2,pp.1-8.

Sapkota, Ashok. (2012). Developing Students Writing Skill through Peer and Teacher Correction: An Action Research. Journal of NELTA, Vol. 17. (No. 1). Halaman 111-132.

Suprihatiningrum, Jamil.2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZ MEDIA.

Suwandi, Sarwiji.2009. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

______________.2011. Model-model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Waluyo, J. Herman.2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

Zhang, Yan.2010. Cooperative Language Learning and Foreign Language Learning and Teaching. Finland: Journal of Language Teaching and Reasearch.Vol.1,No.1,pp.81-83




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.