Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika

Nur Afifah, Ismail Hanif Batubara, Tua Halomoan Harahap

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul berbasis pendekatan investigasi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa prodi pendidikan matematika dan untuk mengetahui bahan ajar berupa modul ditinjau dari aspek Kevalidan dan Kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang mahasiswa semester 2 prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar berupa modul yang dikembangkan meliputi angket validasi ahli dan angket respon mahasiswa. Angket validasi ahli digunakan untuk mengukur kevalidan bahan ajar berupa modul sedangkan angket respon mahasiswa digunakan untuk mengukur kepraktisan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar berupa modul dilihat dari aspek kevalidan masuk kategori valid dengan skor rata-rata 3,45 dari skor maksimal ideal 4,00, hasil angket respon mahasiswa terhadap bahan ajar berupa modul dilihat dari aspek kepraktisan masuk kategori praktis dengan skor rata-rata 3,26 dari skor maksimal ideal 4,00, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dilihat dari aspek kepraktisan masuk kategori praktis dengan skor rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran oleh observer sebesar 92,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berupa modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan layak digunakan di kelas.


Keywords


Bahan Ajar, Pendekatan Investigasi, Pemecahan masalah matematika

Full Text:

PDF

References


Afifah, Nur. 2019. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Pendekatan Investigasi Bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU Pada Matakuliah Teori Bilangan. Jurnal of Mathematics Educationand Science. Volume 4 Nomor 2, Tahun 2019, 175-189.

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggidan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi.

Dzulfikri, J.M. 2013. Pembelajaran Reconnecting terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Menggunakan Hasil Pengukuran Kelas XI TITL Semester I di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Volume 2 Nomor 2, Tahun 2013, 515-522.

Gagne, R.M, Briggs and Wager. 2003. Principle of Instructional Design. Newyork: Holt, Rinehart and Winston.

Japa, IG. N. 2008. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Lembaga Penelitian Undiksha.

Mardapapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes (9thed.). Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Mulyasa, E., 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung. PT Rosdakarya.

Nur, Gina Dewi Lestari. 2014. Pembelajaran Vokal Grup Dalam Kegiatan Pembelajaran Diri di SMPN 1 Panumbangan Ciamis. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu. perpustakaan.upi.edu.

Mulyatiningsih, E. (2011). Terapan Riset Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta : UNY Press.

Norpatwati (2021). Pengembangan Modul Matematika pada Materi Bentuk Aljabar Berbasis Kemampuan Pendekatan Investigasi Matematika Kelas VII di MTsN 6 Hulu Sungai Tengah. Skripsi. Tarbiyah dan Keguruan UIN ANTASARI.

Rusman. 2011, Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanusi, Uci. 2013. Pembelajaran dengan Pendekatan Humanistic (Penelitian pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan. Jurnal Pendidikan Agama Islam- Talim. Vol.11 No.2. Hal. 23-42.

Siahaan, F.B. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Quiz Team terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN Volume 1 (1), 34-45, September 2014. ISSN: 2356-2595.

Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan pendekatan investigasi. PPPG Matematika. Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembanagan dan Penataran Guru Matematika. Yogyakarta.

Subhan, A. 2013. Penerapan Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Nurul Hidayah. Skripsi: Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sumarno, U. 2005 Kemampuan Pemahaman dan penalaran matematika Siswa SMA dikaitkan dengan penalaran Logik Siswa dan beberapa unsur proses belajar Mengajar. Disertasi. FBS IKIP Baandung.

Yamasari, Y. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasajana X-ITS Surabaya 4 Agustus 2010.

Wahyudin. 2000. Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika, dan Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika. Disertasi. UPI Bandaung.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v7i2.7062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.