Pendekatan Saintifik Berbasis Lingkungan dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SD Inpres Koya Kabupaten Morowali Utara

Surahman Surahman, Rizal Rizal, Sisriawan Lapasere, Kadek Hariana, Azizah Azizah

Abstract


Pembelajaran pada abad ke-21 didesain dengan berdasar pada pendekatan belajar kontekstual konstruktivis. Melalui desain ini, siswa kelas IV SD Inpres Koya akan dibiasakan untuk membangun pengetahuannya sendiri berdasarkan konteks nyata yang bermakna bagi dirinya melalui kegiatan saintifik seperti pengamatan, eksperimen, observasi, maupun melakukan atiktivitas pengumpulan informasi dari berbagai sumber seperti di lingkungan sekitar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV melalui penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan di SD Inpres Koya. Metode penelitian menggunakan rancangan model hopkins, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tempat pelaksanaan penelitian adalah di SD Inpres Koya subyek penelitian sebanyak 12 orang siswa, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 2 orang siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada ranah kognitif untuk daya serap klasikal (DSK) pratindakan (57,50%), siklus I (74,14%) dan siklus II (85,83%) peningkatan sebesar 11,69% dan ketuntasan belajar klasikal (KBK) pratindakan (41,66%), siklus I (75%) dan siklus II (100%) peningkatan sebesar 25%; pada ranah afektif sikap siswa menunjukkan perubahan positif (mereka sadar bahwa tindakan menjerat burung Alo dan kegiatan lainnya yang merusak lingkungan adalah tindakan tidak baik; pada ranah psikomotor siklus I diperoleh kategori cukup (71,33%), meningkat pada siklus II kategori sangat baik (86,66%) dengan peningkatan sebesar 15,33%. Berdasarkan hasil tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik berbasis lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Inpres Koya Kabupaten Morowali Utara

Keywords


Pendekatan Saintifik, Lingkungan, Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2016). Desain sistem pembelajaran dalam konsteks kurikulum 2013. Cetakan Ketiga. Bandung: PT Refika Aditama.

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiyanto M.A.K., Waluyo L., & Mokhtar, A. (2016). Implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran di pendidikan dasar di Malang. Journal Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 46-51.

Buhungo, R. A. (2015). Implementasi dan pengembangan kurikulum 2013 pada Madrasah Aliyah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 (1), 105-113.

Fadhilaturrahmi (2017) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik di Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 109-118.

Ferryka P. Z. (2017). Analyzing the thematic-integrative content, the scientific approach, and the authentic assessment in the theme 1 textbook for grade II students of elementary schools. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 172-185.

Hajar, S. (2017). Learning geometry through discovery learning using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55-70.

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhadap hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggu pada pelajaran IPS. Jurnal Pedagogia, 2(1), 59-70.

Machin. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA JPII, 3(1), 28-35.

Mariyana, R. Nugraha, A. & Rachmawati, Y. (2010). Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta: Prenada Media.

Narbuko C. & Achmadi A. (2009). Metodologi penelitian (memberi bekal teoritis pada mahasiswa tentang metodologi penelitian serta diharapkan dapat melaksanakan penelitian dengan langkah-langkah yang benar). Jakarta: Bumi Aksara.

Priyadi, Y. dan Agustiningsih. (2016). Peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan saintifik dan media benda asli pada pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Maron Kidul II Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pancaran, 5(4), 125-142.

Rakhmawati, S., Muspiroh, N., & Azmi, N. (2016). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Sains dan Pendidikan Sains, 5(2), 156-164.

Sufairoh. (2016). Pendekatan saintifik & model pembelajaran K-13 SMP Negeri 1 Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 116-125.

Taileleu, F. (2017). Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam pembelajaran IPA kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(6), 487-492.

Taniredja, T., Faridli, S. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta.

Taufiq, M., Dewi N. R., & Widiyatmoko A. (2014) Pengembangan media pembelajaran IPA terpadu berkarakter peduli lingkungan tema konservasi berpendekatan science-edutainment. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 3(2), 140-145.

Suhartati (2016). Penerapan pendekatan saintifik pada materi relasi dan fungsi di kelas X MAN 3 Banda Aceh. Jurnal Peluang, 4(2),56-65.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.