OPTIMALISASI APLIKASI EDMODO DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KESADARAN BERBAHASA MAHASISWA PADA MATA KULIAH LITERARY CRITICISM DI FKIP UMSU

Rini Ekayati

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya tingkat kemandirian belajar dan kesadaran berbahasa mahasiswa yang terindikasi oleh ketergantungan mahasiswa kepada orang lain dalam belajar dan tingginya tingkat kesalahan berbahasanya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi Edmodo dalam meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa dan kesadaran berbahasa mahasiswa semester VII Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UMSU pada mata kuliah LC TA. 2015/2016. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester VII B Sore yang terdiri dari 34 mahasiswi dan 1 orang mahasiswa. Data dikumpulkan menggunakan metode tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik persentase. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Edmodo dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa yang pada saat pra siklus hanya sebesar 13,33%. Setelah dilakukan siklus I (satu) diperoleh hasil peningkatan kemandirian belajar sebesar 29,52%, dan pada siklus II diperoleh hasil sebesar 79,05%, sudah mencapai target ketuntasan. Selanjutnya, tingkat kesadaran berbahasa mahasiswa yang diukur melalui tingkat kesalahan berbahasa juga menunjukkan penurunan nilai kesalahan yang signifikan, dimana pada siklus I ditemukan sebesar 65,71% kesalahan berbahasa dan 11,43% pada siklus II. Hal ini menunjukkan selisih nilai penurunan tingkat kesalahan sebesar 54,28%. Hasil ini menunjukkan bahwa aplikasi Edmodo sudah secara optimal digunakan dalam meningkatkan kemandirian belajar dan juga kesadaran berbahasa mahasiswa.

Kata Kunci: Edmodo, Kemandirian Belajar, Kesadaran Berbahasa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v3i1.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.