Peningkatan Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh Berbantuan Aplikasi Playfoq di SMP Negeri 12 Binjai Tahun Pembelajaran 2021-2022

Yumira Simamora, Risna Mira Bella Saragih, Bagus Setiadi

Abstract


Sejak tahun 2020, seluruh negara di dunia dilanda pandemi Covid-19 tidak terkecuali negara Indonesia. Pemerintah memberlakukan pembatasan aktivitas masyarakat di luar ruangan. Hal ini berakibat kepada dunia pendidikan di Indonesia yang memberlakukan kegiatan belajar mengajar di rumah. Pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk keberlangsungan kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh menggunakan beberapa aplikasi seperti PowerPoint, Google Classroom, Youtube, Google Forms dan Quizizz. Kelima aplikasi ini selanjutnya akan disingkat menjadi PLAYFOQ. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif secara analisis serta kualitatif deskriptif. Berdasarkan uji statistik hasil belajar siswa yang dilakukan, didapatlah hasil F hitung > F tabel yaitu 19,682 > 4,04 maka H0 diterima. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi PLAYFOQ. Hasil dari observasi aktivitas siswa serta respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh menggunakan PLAYFOQ ini menunjukkan rasa senang dan ketertarikan siswa terhadap model pembelajaran jarak jauh seperti ini. Gabungan aplikasi PLAYFOQ dapat dijadikan sebagai alternatif pada suatu model pembelajaran jarak jauh.

Keywords


Peningkatan Kualitas, Pembelajaran jarak jauh, PowerPoint, Google Classroom, Youtube, Google Forms, Quizizz

Full Text:

PDF

References


Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 16.

Bella, R. M., Matondang, K., & Wati, N. (2021). Respon Siswa MTs Swasta Al-UMM terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Corona. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 17291738. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.375

Iwantara, I., Sadia, I., & Suma, I. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Video Youtube Dalam Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 113.

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Muhammad, I. (2013). ANOVA Satu Jalur (One Way ANOVA). https://freelearningji.wordpress.com/2013/04/09/anova-satu-jalur-one-way-anova/

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135159. www.journal.uniga.ac.id

Nirmalasari, Santiani, H. M. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis, 4(3), 7494.

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 7883. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu%0A

Perdana, K. R., Zainuddin, M., & Yuniawatika. (2018). Pembelajaran Matematika Model Guided Inquiry. Wahana Sekolah Dasar, 8293, 4350. http://journal2.um.ac.id/index.php/wsd/

Purwati, D., & Nugroho, A. N. P. (2018). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Google Formulir Di Sma N 1 Prambanan. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 14(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v14i1.19398

Putri, G. K., & Dewi, S. A. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom Effect Of Google Classroom-Based Distance Learning Model. Al-Fikrah, 2(1), 6079.

Republik Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.30596/edutech.v8i1.9990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.