ANALISIS DETERMINAN PRODUKSI JAGUNG KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG

Hastina Febriaty

Abstract


Jagung adalah penghasil karbohidarat terbesar selain beras dan gandum. Konsumsi jagung di Indonesia tak lebih dari 2 kg per orang tiap tahunnya jika dibandingkan dengan konsumsi beras di Indonesia sebesar 85kg per orang pertahun. Hal ini dikarenakan masih banyaknya kendala dalam pertanian jagung tersebut salah satunya kurangnya modal, biaya pupuk dan harga jual jagung.

Tujuan penelitian untuk mengetahui besarnya pengaruh modal, luas lahan, dan tenaga kerja terhadap produksi jagung di Kutalimbaru. Adapun pendekatan yang peneliti gunakan ialah pendekatan data asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para petani yang berada di Kutalimbaru dengan total populasi berjumlah 150 orang petani dan sampel sebanyak 60 orang dengan tingkat toleransi (error) 10%. Sedangkan dalam pengumpulan data peneliti mengunakan data primer dan sekunder, dan untuk analisis data peneliti mengunakan metode regresi linier berganda dengan mengunakan SPSS 16.

Hasil dari regresi menunjukkan bahwa variabel modal, luas lahan dan tenaga kerja secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap produksi jagung di Kecamatan Kutalimbaru.

Kata Kunci : Produksi Jagung, Modal, Luas Lahan, dan Tenaga Kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v16i1.1021